Mantan Enggak Mau Putus, Lakukan Ini


  • Mantan Enggak Mau Putus, Lakukan Ini
    Meski menyakitkan, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat ingin putus dari pasangan. (Foto: Dok. Pexels)

    Keputusan untuk menyudahi hubungan bersama pasangan bukan hal yang mudah, apalagi kalau hubungan kalian sudah cukup serius dan panjang. Namun, kalau kamu sudah yakin akan keputusan untuk putus, pastikan bahwa kamu tidak akan menyesalinya, ya.


    Meski kamu sudah yakin, mungkin tak begitu dengan pasangan. Bisa jadi si dia menolak dan justru menahanmu karena tak menerima keputusan tersebut. Jika memang tak ada lagi yang bisa dipertahankan, kamu bisa melakukan hal-hal berikut.


    1. Memastikan keputusanmu sudah final

    Kalau kamu masih ragu untuk putus, jangan gegabah dan memaksakan diri seolah kamu sudah yakin 100%. Ini hanya akan menyebabkan stres untuk dirimu dan pasangan. Jangan karena kamu "lelah" dan "ingin kabur" dari masalah, kamu memutuskan sepihak untuk putus. Maka, pikirkan kembali matang-matang sebelum mengambil keputusan.


    Pastikan juga untuk melihat keadaan dari sudut pandang pasangan karena setiap orang punya pola pikir yang berbeda. Intinya, jangan putus hanya karena masalah sepele.


    (Baca Juga: Ini Yang Dirasakan Pria Saat Putus)


    2. Buat batasan

    Punya keinginan untuk berteman dan menjalin hubungan baik setelah putus memang keinginan semua orang. Tapi, tak semua orang berhasil melakukannya, lho. Sebaiknya, tunda dulu ide tersebut selama beberapa waktu. Apalagi kalau pasangan masih mengharapkanmu kembali. Membuka komunikasi hanya akan menyiksanya dan mempersulit prosesnya untuk move on.



    (Yang harus dilakukan saat pacar enggak mau putus. Foto: Dok. Pexels/Freestocks.org)

    3. Beri alasan yang jelas

    Mungkin pasangan bingung atas keputusanmu yang terkesan "mendadak". Beri penjelasan bahwa perpisahan adalah cara terbaik untuk menyudahi masalah yang ada. Ia mungkin akan melontarkan beberapa pertanyaan, pastikan kamu langsung menjawabnya saat itu juga, ya, agar tidak terkesan "menggantungkan" apalagi menghindar. Seberapa besar pun masalah yang ada, setiap orang berhak mendapatkan penjelasan yang baik. Namun, kamu cukup menjelaskannya 1 kali saja, ya.


    4. Perasaannya bukan tanggung jawabmu

    Hubungan yang gagal pasti akan membuat siapa pun merasa sedih. Bahkan, bukan tak mungkin kamu akan mengalami sedikit nostalgia dari waktu ke waktu. Mungkin juga kamu memikirkan perasaan mantanmu dan bagaimana kamu sudah membuatnya sedih atau mengecewakannya. Ingat, saat momen itu datang, tetap berusaha konsisten dengan pilihanmu sendiri. Kamu enggak harus terus-menerus berdiam diri dan menyesali diri. Perasaan yang ia rasakan bukanlah tanggung jawabmu.


    (Baca Juga: 5 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Putus)


    5. Block nomornya

    Kalau kamu sudah melakukan semua langkah komunikasi dengan baik namun ia masih tetap mengganggu, tak perlu sungkan untuk menutup semua akses komunikasi dengannya. Bahkan, kamu berhak menghapus si dia dari media sosialmu agar kamu tak terpancing untuk mengetahui kabarnya.


    6. Cari lingkaran pertemanan baru

    Biasanya kamu dan pasangan akan saling berbagi lingkar pertemanan. Berhubung statusnya yang kini berubah jadi "mantan", kamu berhak memutuskan apakah masih mau berada di lingkar pertemanan yang sama atau tidak? Kadang, ada hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk tetap konsisten dengan keputusanmu. Jangan sampai mantanmu menggunakan koneksi pertemenannya hanya demi berkomunikasi sama kamu. 


    Itulah hal-hal yang harus kamu lakukan ketika mantan pasangan enggak mau putus. Tak perlu khawatir dan meragukan keputusanmu, ya. Kamu berhak bahagia.