Berniat Menikah Saat New Normal? Kamu Harus Tahu 7 Hal Ini


  • Berniat Menikah Saat New Normal? Kamu Harus Tahu 7 Hal Ini
    Ada beberapa perubahan yang harus kita taati saat momen new normal berlangsung, salah satunya bagi yang kamu ingin menikah. (Foto: Dok. Pexels/Sandro)

    Selama pandemi, tak sedikit pasangan yang harus menunda pernikahan. Padahal, hari berbahagia ini pasti sudah dinanti-nanti sejak lama. Namun, memasuki fase new normal, pemerintah akhirnya sudah mengijinkan kembali digelarnya pesta pernikahan dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.


    Adanya protokol ini, tentu akan mengubah konsep pernikahan yang sudah membudaya di Indonesia. Nah, kalau kamu adalah salah satu calon pengantin yang sedang menyiapkan kembali hari-H, wajib untuk mengetahui hal-hal ini, ya.




    1. Konsep yang lebih intim

    Sesuai surat edaran dari Menteri Agama nomor 15 tahun 2020, acara pernikahan hanya bisa dihadiri maksimal 20% dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang. Bagi kamu yang dari dulu menginginkan konsep pesta intim, akhirnya bisa segera terwujud, nih. Selain lebih hemat, pernikahan konsep ini tentunya akan membuat kamu lebih menikmati momen pesta yang dihadiri kerabat terdekat.


    (Baca Juga: 15 Tanda Yang Kamu Rasa Adalah Cinta)


    2. Persiapan dilakukan virtual

    Umumnya, kamu dan pasangan akan sibuk "mondar-mandir" menghadiri pertemuan dengan para vendor. Namun, situasi saat ini memudahkan kamu untuk melakukannya selama di rumah, lewat virtual. Pastikan kamu punya sinyal yang baik, ya.



    3. Mengadakan pemeriksaan kesehatan ketat

    Satu lagi aturan wajib bagi penyelenggara yakni menyediakan fasilitas pengawasan kesehatan alias health check. Jadi, para tamu yang hadir nanti harus diukur suhu tubuhnya dan tetap menjaga jarak atau physical distancing selama di venue. Pastikan juga seluruh orang yang terlibat selalu menggunakan masker, face shield, atau alat pelindung diri lainnya.


    4. Hindari bentuk makanan buffet


    (Menu buffet tak lagi jadi opsi saat menikah kala new normal. Foto: Dok. Pexels/ArtHouse)


    Demi menghindari penularan, opsi buffet bukan opsi yang tepat saat ini. Sebaiknya, sajikan set menu yang bisa dinikmati sendiri atau cukup menu kotak yang lebih steril. Tentunya tamu yang hadir akan mengerti perubahan-perubahan saat ini.


    5. Digelar secara virtual

    Mungkin jumlah kehadiran tamu yang lebih sedikit bikin kamu tak bisa mengundang teman-teman semasa SD, SMP, SMA. Tapi, enggak perlu khawatir karena berkat kecanggihan teknologi, kamu tetap bisa "mengundang" mereka secara virtual. Iya, kamu bisa mengadakan streaming untuk mereka yang tak bisa hadir. Seru banget, kan.


    (Baca Juga: 7 Film Hollywood Yang Mengajarkan Kehidupan Pernikahan)



    6. Melampirkan informasi protokol kesehatan pada undangan

    Biasanya, undangan pernikahan diisi oleh waktu, tempat, dan tanggal pernikahan. Namun, kamu juga perlu menyertakan protokol kesehatan selama acara sebagai pengingat bagi para undangan. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk "Do's" dan "Dont's", serta tak perlu takut untuk menolak tamu yang masuk jika tak menjalankan protokol yang sesuai.



    7. Prosesi salaman yang berubah

    Salah satu highlight dalam acara pernikahan adalah momen salam-salaman. Meski panitia menyediakan hand sanitizer dan tisu, alangkah lebih baik jika kamu melewati prosesi ini. Dengan tidak melakukan salaman, kamu bisa membuat jalannya acara lebih aman dan nyaman bagi semua orang.


    Itulah perubahan yang harus kamu ketahui saat hendak menggelar pesta pernikahan di masa new normal. Semoga lancar, ya.