Kreasi Unik 'Alat Pelindung Diri' dari Para Desainer


  • Kreasi Unik 'Alat Pelindung Diri' dari Para Desainer
    Didorong oleh rasa peduli, sejumlah desainer busana turut terlibat dalam pembuatan Alat Pelindung Diri bagi tenaga kesehatan dan publik. (Foto: Dok/Instagram/@anneavantieheart)

    Didorong oleh rasa peduli, sejumlah desainer busana merancang Alat Pelindung Diri (APD) buat tenaga kesehatan yang turut menangani pasien terkena virus corona (Covid19) beberapa waktu lalu.  

    Tak hanya merancang APD buat tenaga medis, beberapa diantaranya juga kemudian menyodorkan beberapa pilihan APD, seperti jaket pelindung diri, pelindung wajah (face shield), topi dan masker buat publik yang dalam keadaan tertentu mesti beraktivitas di luar ruangan.  



    Beberapa sodoran APD ini juga bisa jadi pilihan buat dikenakan pada masa 'New Normal' atau kenormalan baru yang diyakini akan mulai diterapkan begitu aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diputuskan berakhir pekan depan.   

    APD ini menjadi  'senjata' dalam menjaga diri tetap terhindar dari serangan virus, di samping masih harus menjaga jarak dengan orang lain, rutin mengukur suhu badan, serta rajin mencuci tangan.  

    Menarik melihat kreasi Alat Pelindung Diri yang dihadirkan para desainer tersebut, dari mulai jaket modis Anne Avantie, hingga topi dan masker ala Sofie. Cek beberapa pilihan APD berikut ini.

    (Baca juga: 8 Tips Menghadapi New Normal Saat Pandemi Corona) 

    1. Jaket Pelindung Diri (JPD) oleh Anne Avantie


    Lewat postingan di instagramnya, Anne Avantie mengungkapkan jaket pelindung diri yang dirilisnya bukanlah jas hujan. Fungsinya adalah melindungi diri, yang memberi rasa aman dan nyaman ketika keluar rumah. Ia menganjurkan tetap menggunakan masker di samping jaket ini.

    2. Outer dengan hoodie oleh Rosie Rahmadi


    Lewat labelnya Maison Gadiza, desainer Rosie Rahmadi merilis Saiza outer yang mirip dengan alat pelindung diri. Outer ini hadir dalam dua ukuran, panjang dan pendek. Sekilas mirip dengan jas hujan, tapi dalam potongan yang modis dengan penempatan tali dan adjustable hoodie untuk kepala. Saiza bersifat unisex sehingga bisa dikenakan oleh wanita juga pria. Rosie mengungkapkan outer ini juga bisa mnejadi persiapan dalam menghadpi kondisi new normal pekan depan.

    3. S-APD oleh Devy Ros


    Desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber Semarang ini meluncurkan seri S-APD dalam beberapa pilihan warna, salah satunya Pink Parachute List APD with Hoodie. Jaket dengan hoodie, dan celana panjang warna senada ini menjadi sodoran Devy untuk menghadapi situasi saat ini sebagai alat pelindung diri bagi publik.

    4. OPD oleh Wening Angga


    Desainer asal Yogyakarta ini membuat OPD, atau Outer Pelindung Diri dalam beberapa pilihan warna dan potongan yang unik di seri yang ia namakan Brave. Diantaranya, ia membuat desain kreatif lewat aksen lipit di bagian depan jaket, atau kantong penuh di bagian depan, dan hoodie buat menutupi bagian kepala. Seri OPD di bawah lini Weningsline tersebut terdiri dari beberapa pilihan warna dan sentuhan detail ruffle dan juga tenun lurik.

    5. Pelindung wajah oleh Danny Satriadi


    Lewat labelnya Arkamaya, desainer Danny Satriadi menghadirkan pelindung wajah atau face shield yang modis, 'attachable protection'. Topi dengan masker transparan yang menutupi wajah ini juga hadir untuk orang dewasa dan anak-anak. Topinya didesain unisex dengan tambahan dua patch yang dibuat dari embroidery dan bisa diatur penempatannya, yakni di topi dan masker.

    6. Protection hat oleh Alleira  


    Label Alleira mengeluarkan topi pelindung wajah bernuansa batik yang unik. Dinamakan Alleira Protection Hat, desain dari face shield ini diyakini dapat menjadi andalan kala menghadapi kondisi New Normal. Koleksi topi ini hadir dengan removable visor yang memudahkan saat dikenakan. Pilihan warnanya yang beragam dapat disesuaikan dengan busana untuk menunjang penampilan.

    7. Topi dan masker oleh Sofie


    Desainer Sofie mengeluarkan koleksi unik akan topi dan masker yang khas akan desainnya, yang bermotif geometris dan bold. Beberapa desain hadir dalam warna cerah, dengan topi berukuran besar yang juga bisa jadi andalan dalam melindungi diri. Koleksi masker eksklusif ini dibuat Sofie dalam edisi terbatas.

    8. Masker premium Hian Tjen


    Usai membantu pengadaan APD buat tenaga medis bersama para desainer yang tergabung dalam Ikatan Perancang Mode Indonesia lainnya, Hian Tjen mengeluarkan seri masker premium dengan motif bergaya seni tinggi, dan sulaman tangan serta hiasan swarovski. Menurutnya, masker akan menjadi fashion item yang mencuri perhatian dalam masa pandemi dan new normal. Selain berfungsi melindungi diri, juga sekaligus untuk membuat tampilan jadi lebih modis, dan menambah percaya diri.

    Selain nama-nama desainer di atas, masih ada beberapa desainer lainnya yang masih terus mengembangkan alat pelindung diri, terutama masker untuk jadi pilihan publik dalam menghadapi masa pandemi dan New Normal saat ini. Mana yang jadi pilihanmu?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below