8 Tips Menghadapi New Normal Saat Pandemi Corona


  • 8 Tips Menghadapi New Normal Saat Pandemi Corona
    Cara hadapi dan jalani kehidupan the new normal. (Foto:Dok.Pexels/sl)


    Masyarakat Indonesia akan segera menghadapi era baru atau disebut sebagai the new normal. Kelaziman baru ini bersamaan dengan pandemi Covid-19 yang belum juga usai.




    Harus berdampingan dengan virus ini, masyarakat tetap diimbau agar menjaga diri selama beraktivitas di luar rumah. Baik saat bekerja, sekolah dan lainnya. Sudah tahu caranya?


    Agar mudah beradaptasi dengan kebiasaan baru ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah dengan menggunakan masker, memakai Alat Pelindung Diri hingga menjaga sistem imun tubuh. Selain itu dirangkum dari Badan POM dan sumber lainnya, berikut yang patut diketahui.


    (Baca Juga: Bicara Corona Bersama Spesialis Paru Dari RSUP Persahabatan)


    1. Tenang dalam beradaptasi


    Yang paling utama dalam menyikapi the new normal atau kelaziman baru di masa pandemi corona ini adalah bersikap tenang dalam beradaptasi. Untuk menjalaninya cobalah untuk membuat hidup yang lebih berstruktur dan memahami situasi saat ini. 

    Dengan memahami cara pencegahan penularan Covid-19, itu bisa jadi cara untuk dicoba agar diri siap sekaligus aman saat bepergian. DR. Dr Nova Riyanti Yusuf juga menyarankan untuk meditasi dan berdoa.

    "Iya memang ini kan tressor ya covid 19, eksternal. Tubuh harus memberikan respon yang adaptif, kalau kita tidak bisa beradaptasi, respon kita terus yang tidak menentu entah sampai kapan, akhirnya dia bisa masuk ke dalam kondisi gangguan penyesuaian," jelasnya saat diwawancarai oleh Herworld Indonesia.

    "Itu harus kita terima bahwa kita merasakan itu, dan ada baiknya kita berbicara dengan orang yang kita percaya. Itu proses yang sangat wajar dalam menghadapi itu. Kalau kita sudah lebih menerima situasi yang kita alami, bisa juga dengan meditasi dan berdoa."


    2. Pakai masker

    Menggunakan masker tetap harus dilakukan agar diri terlindungi dari virus corona. Bahkan, dengan cara ini juga kamu telah melindungi orang di sekitarmu dari virus ini.

    Terdapat tiga pilihan masker yang bisa kamu gunakan saat mulai beraktifitas di luar rumah nantinya. Di antaranya adalah masker kain, masker bedah dan masker N95 yang bisa dipakai sesuai kondisi tubuh dan pekerjaanmu.

    Jika kamu adalah orang yang sehat dan tidak bekerja di lingkungan rumah sakit, menggunakan masker kain jadi pilihan yang tepat untuk melindungi diri dari paparan virus COVID-19. Sementara masker bedah dan N95 bisa digunakan untuk tenaga medis dan orang sakit saat berkontak langsung dan beraktivitas di rumah sakit.

    (Baca Juga: Sazia Outer: Wujud Baru Alat Pelindung Diri Yang Modis)


    3. Menggunakan APD

    Untuk menambah proteksi diri, menggunakan Alat Pelindung Diri atau APD bisa membantu untuk menangkal penyebaran virus corona. Apalagi saat ini sejumlah brand busana telah meluncurkan APD yang modis dan beragam.

    Salah satunya adalah Alleira Batik yang telah meluncurkan bucket hat dilengkapi dengan droplet sebagai pelindung diri saat harus berinteraksi dengan orang lain. Dengan motif dan desain yang fleksibel pada dropletnya, karena bisa dilepaskan dan disambungkan kembali sesuai keinginan gayamu. 

    Selain topi pelindung diri, ada pula outer yang bisa jadi pilihan untuk melindungi diri kala beraktivitas di luar rumah yang modis dan unik. Salah satu desainer yang menawarkan adalah Rosie Rahmadi dengan Sazia Outer yang modis dan simple.

     

    4. Membersihkan tangan

    Selain mengenakan busana dan masker, menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan harus tetap dilakukan saat menghadapi the new normal. Terutama setelah menyentuh benda di sekitarmu. 

    Selalu sedia hand sanitizer saat bepergian. Sehingga tak lagi ada alasan untuk tidak membersihkan tangan dimana pun. Begitu juga setelah beraktivitas di luar rumah, kamu bisa membersihkan diri dan segera mencuci pakaian.


    5. Batasi kontak fisik

    Selaras dengan penularan virus corona yang bisa dengan sentuhan, oleh sebabnya penting agar tetap menjaga jarak dan membatasi kontak fisik bersama orang di sekitarmu. Beri jarak 1-2 meter dirimu dengan orang lain atau kamu bisa menggunakan sarung tangan sebagai alternatif pengamanan diri.

    (Baca Juga: Cerita Garda Depan: Kisah Inspiratif Di Balik Wabah Corona)


    6. Tidak berkumpul

    Sebagaimana imbauan pemerintah, tidak berkumpul dengan banyak orang, juga bagian dari pertahanan diri agar terhindari dari paparan virus corona. Meski harus menghadapi the new normal, namun cara ini tetap bisa diterapkan dalam kehidupan saat ini. Hindarilah perkumpulan yang lebih dari 10 orang agar diri terjaga dan terlindungi.


    7. Hindari menyentuh barang

    Berkelana di luar rumah kerap buat tangan dan tubuh banyak bersentuhan dengan benda di sekitarmu. Meski bisa mencuci tangan dan menggunaan hand sanitizer, ada baiknya untuk menghindari terjadi kontak fisik dengan barang, Jangan pula lupa untuk membersihkan tangan setelah memegang gagang pintu, handphone, buku, meja, dan lainnya.


    8. Jaga imun tubuh

    Yang terpenting dalam menghadapi the new normal atau kelaziman baru adalah menjaga sistem imun tubuh agar selalu sehat dan bugar. Sudah tahu bagaimana caranya?

    Jika belum, kamu perlu mengonsumsi banyak makanan dan minuman bernutrisi seperti buah, sayur, susu dan lainnya. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin agar tubuh terhindar dari virus yang berbahaya.