5 Langkah Bijak Kelola Dana Pinjaman Agar Bisnis Aman


  • 5 Langkah Bijak Kelola Dana Pinjaman Agar Bisnis Aman
    Sukses dapat dana pinjaman untuk mengembangkan usaha, pastikan kamu tahu cara mengelolanya. (Foto: Dok. Taryn/Pexels)

    Selama di rumah saja, banyak orang yang membuka peluang usaha kecil. Namun, untuk mengembangkan sebuah bisnis, tentu perlu modal. Mencari dana pinjaman pun jadi opsi selanjutnya. Jika kamu sudah berhasil mendapatkannya, langkah berikutnya adalah mengelolanya. Tidak mampu mengelola pinjaman dengan baik dan bijar bisa membahayakan bisnis kamu, bahkan bukan tak mungkin bisnis bisa bangkrut. Berikut ini 5 tip mengelola pinjaman yang baik agar bisnis bisa berjalan baik.


    Gunakan dana pinjaman sesuai tujuan

    Jika kamu meminjam dana demi mengembangkan bisnis, gunakan dana tersebut hanya untuk bisnis, bukan keperluan lain. Apalagi berpikir bahwa bisa menggantinya di masa depan. Alokasikan dana sesuai keperluan hitungan awal, seperti inventori, karyawan, dan logistik.




    (Baca Juga: 8 Tips Sukses Negosiasi Online Saat 'Work From Home')


    Dana pinjaman bukan anggaran pribadi

    Pastikan kamu memisahkan dana pinjaman dan anggaran pribadi. Kalau kamu punya anggaran pribadi untuk dialokasikan ke bisnis, dahulukan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, tentunya tetap disesuaikan dengan perhitungan dan alokasinya. Hal ini ditujukan agar dana pinjaman benar-benar tepat sasaran dan tidak mengganggu anggaran yang lain. Kamu pun bisa lebih mudah mengatur arus kas masuk dan keluar.


    Cicil biaya pinjaman setiap bulan

    Sisakan keuntungan bisnis khusus untuk membayar cicilan pinjaman setiap bulan. Untuk ini, kamu boleh menggunakan budget pribadi. Pastikan untuk tidak menggunakan dana pinjaman yang masih tersisa untuk mencicil pinjaman.


    Buat pembukuan rapi

    Catat secara detail jumlah total dana pinjaman kamu, termasuk bunga. Catat juga berapa biaya yang harus dibayarkan tiap bulan, hingga berapa pendapatan dan pengeluaranmu per bulannya. Hal ini ditujukan agar kamu tahu berapa sisa dana pinjaman dan tenornya serta berapa yang bisa dikumpulkan untuk dicicil. Kamu juga lebih mudah memantau progres bisnis serta arus kas keluar-masuk sehingga bisa melunaskan pinjaman tanpa terkena denda.


    Lunasi lebih awal

    Tak perlu dipaksakan, tapi jika sanggup, tak ada salahnya untuk melunasi dana pinjaman lebih awal. Caranya, kamu bisa membayar cicilan dengan nominal lebih besar dari seharusnya tiap bulan. Namun, pastikan lagi pada si peminjam karena biasanya ada ketentuan yang sudah disepakati di awal. Tak semua sumber pinjaman mengizinkan pelunasan lebih awal.


    (Baca Juga: Mengatasi Stres Saat Work From Home)


    Itulah 5 tip mengelola dana pinjaman yang baik agar bisnis bisa berjalan baik. Mengelola pinjaman memang tidak mudah karena kamu harus bijak dalam bertindak. Namun, hal ini bukanlah sesuatu yang tak mungkin. Semangat!



 

Related Articles

Cara Mudah Kelola Waktu Bisnis Online

Cara Mudah Kelola Waktu Bisnis Online

oleh Kiki Riama Priskila

Tips Kelola Bisnis dari Para Ahli

Tips Kelola Bisnis dari Para Ahli

oleh Kiki Riama Priskila

Langkah Awal Buka Reksa Dana di Bareksa

Langkah Awal Buka Reksa Dana di Bareksa

oleh Kiki Riama Priskila

Advertisement - Continue Reading Below