Mengatasi Stres Saat Work From Home


  • Mengatasi Stres Saat Work From Home
    Kamu tidak ingin jika stres terus mengganggu pikiran dan menurunkan produktivitas kerja kamu, bukan?. (Foto:Dok. Polina Zimmerman/Pexels)

    Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona, beberapa perusahaan telah menerapkan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah. Namun, bekerja dari rumah tidak semudah dan seindah yang dibayangkan, karena tidak menutup kemungkinan jika kamu juga dapat mengalami stres. Stres merupakan kondisi yang wajar dalam dunia kerja. Meskipun begitu, tentu kamu tidak ingin jika stres terus mengganggu pikiran dan menurunkan produktivitas kerja kamu, bukan?


    Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres yang melanda saat bekerja dari rumah. Yuk, disimak!




    Mendengarkan Musik


    Musik bisa membantu meningkatkan suasana hati, sehingga dapat meredakan stres yang sedang dialami. Oleh karena itu, ketika kamu merasa stres, putarkan lagu-lagu favorit yang dapat mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik, sehingga kamu bisa kembali semangat bekerja. 


    Rutin Berolahraga


    Berolahraga dapat membantu menjernihkan pikiran, sehingga dapat membantu meredakan stres. Ini karena, saat berolahraga tubuh akan memproduksi hormon endorfin, yakni hormon yang berperan penting untuk menghilangkan rasa khawatir sehingga dapat meredakan stres. Pilihlah olahraga yang paling mudah seperti berjalan kaki di sekitar rumah, pagi dan sore hari. 


    Menata Tempat Bekerja Senyaman Mungkin


    Spot tempatmu bekerja selama work from home juga dapat berkontribusi terhadap kondisi stres yang sedang kamu alami. Mengapa? Tempat kerja yang berantakan akan membuat kamu merasa tidak nyaman dan hal ini tentu saja dapat menurunkan mood. Sebaliknya, jika tempatmu bekerja itu rapi, hal ini dapat membantu meningkatkan suasana hati. 


    Siapkan Hal yang Dapat Menemani Pekerjaan


    Untuk menghindari stres saat bekerja dari rumah selama pandemi corona, kamu dapat menyiapkan hal-hal yang dapat menemani pekerjaan, semisal kopi atau makanan ringan. Hal ini dilakukan agar kamu memiliki suasana hati yang bagus, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan kamu pun tidak akan merasa bosan atau stres. 


    Tetap Terhubung 


    Tetap terhubung dengan orang-orang terdekat adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan stres. Kontak teman terdekatmu untuk mengobrol ringan selama beberapa menit. Hindari obrolan seputar pekerjaan dan kantor, tetapi bicarakan hal-hal yang menyenangkan. Lakukan saat jam istirahat makan siang atau sore hari, agar tidak mengganggu pekerjaan kamu atau temanmu. 


    Ikuti lima cara mengatasi stres saat bekerja dari rumah. Semoga stres yang kamu alami segera menghilang ya! 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below