Life & health

6 Aplikasi Buat Desain Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 2020

By : Hafizah Rana Dalilah - 2020-05-22 11:00:01 6 Aplikasi Buat Desain Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 2020


Tak terasa sebentar lagi Ramadan akan berakhir dan hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Untuk menyambutnya, berbagai persiapan pun diperlukan agar suasana lebaran tetap meriah di tahun ini.


Meski momentum lebaran akan terasa berbeda karena tak bisa bersilaturahmi langsung ke rumah saudara dan sahabat, namun ada cara agar bermaaf-maafan tetap bisa terjalani. Salah satunya adalah dengan mengirimkan kartu ucapan selamat lebaran lewat desain yang unik dan kreatif. Sudah tau cara membuatnya?


Kini berbagai aplikasi telah hadir dan menawarkan bantuan untuk mendesain kartu ucapan Idul Fitri. Lewat ragam fitur dan keunggulannya, kamu juga bisa berkreasi dengan memadukan gambar, teks hingga warna yang telah disediakan lewat aplikasi desain berikut.


(Baca Juga: Makna Di Balik Hidangan Lebaran Favorit Keluarga)


1. Nichi 

Nichi adalah aplikasi penyedia layanan untuk membuat kartu ucapan selamat lebaran, ulang tahun, perayaan hari ibu dan lainnya. Bahkan, lewat aplikasi ini, kamu bisa membuat kalender dan to-do-list dengan layout dan warna-warna pastel.


Hadir dengan berbagai template, kamu bisa berkreasi dengan tambahan gambar, teks dan layout sesuai keinginanmu. Namun, Nichi hanya bisa mendesain kartu ucapan virtual dalam bentuk portrait.


Cara pakai:

1. Pilih template desain yang sesuai dengan keinginan.

2. Masukkan gambar yang kamu inginkan atau hapus sebagian.

3. Tambahkan ilustrasi atau ubah background jika diinginkan.

3. Klik 'Aa' untuk memasukkan teks dengan ragam font.

4. Tekan 'Save' untuk menyimpan karyamu.


2. Picsart

Sebagian orang sudah tak asing dengan aplikasi desain yang satu ini. Selain mudah untuk dipakai, Picsart memiliki fitur-fitur yang membantu untuk membuat kartu ucapan sendiri.


Kamu pun bisa memilih ragam ukuran canvas dan template, mulai dari portrait, horizontal, ukuran feed Instagram dan lainnya. Lewat aplikasi ini pun kamu bisa sekaligus mengubah tone warna sesuai kreativitasmu.


Cara pakai:

1. Buka aplikasi Picsart, lalu tekan tombol plus (+).

2. Scroll dan pilih mulai dari template, drawing, background, dan lainnya yang ingin kamu gunakan untuk mendesain.

3. Tambahkan ilustrasi, teks atau gambar yang berkaitan dengan lebaran sesuai keinginanmu.

4. jika telah selesai, tekan tanda panah di bagian kanan atas, kamu akan masuk ke bagian editing untuk penambahan effect, cutting dan lainnya. Kamu bisa skip bagian ini apabila tidak menginginkan penambahan editing dengan menekan tanda panah di tempat yang sama

5. Tekan tombol save dan kamu bisa langsung mengirimkannya ke teman, sahabat atau memilihnya untuk tersimpan di handphone-mu terlebih dahulu.


(Baca Juga: Berikut 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Lebaran Di Rumah)


3. Canva

Untuk membantumu mendesain kartu ucapan lebaran tahun ini, Canva bisa jadi untuk dicoba. Memiliki ragam jenis template, kamu tinggal menentukan mana yang sesuai dengan keinginanmu. Setelah menentukan, berikut cara pakainya:


1. Setelah masuk ke dalam aplikasi Canva, pilihlah kategori card.

2. Pilih Eid Al-fitr Card.

3. Tentukan template yang kamu inginkan dan kreasikan.

4. Tambahkan teks ucapan idul fitri sesuai keinginanmu.

5. Kemudian save ke dalam ponsel, atau kamu bisa langsung membagikannya ke temanmu.


4. Adobe Spark

Ada pula Adobe Spark sebagai aplikasi untuk membantu membuat kartu ucapan selamat Idul Fitri secara singkat dan jelas. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit video tanpa bayar. 


Cara pakai:

1. Klik simbol (+), kemudian pilihlah tema yang kamu inginkan untuk menjadi background kartu ucapanmu.

2. Pilih ADD1 kemudian klik done untuk mengubah layout sesuai keinginanmu.

3. Tekan layar sebanyak dua kalu untuk menuliskan teks ucapan. Kamu pun bisa memilih font yang cocok untuk kartu ucapanmu.

4. Setelah selesai, klik save atau simpan.


5. Muslim Pro

Salah satu aplikasi pengingat waktu sholat dan baca Al-Qur'an, Muslim Pro juga memiliki keunggulan sebagai penyedia layanan desain kartu ucapan hari raya Idul Fitri. Hanya saja di sini kamu tidak mengubah layout atau bermain-main dengan ilustrasi dan teks. Kamu hanya bisa memilih latar belakang gambar untuk dibagikan ke teman-teman dan saudaramu.


Cara pakai:

1. Carilah logo amplop di bagian bawah. Kamu perlu menggeser layar ke atas untuk menemukannya.

2. Kemudian klik dan mulailah memilih gambar yang menarik perhatianmu.

3. Setelahnya kamu bisa membagikannya ke orang yang ingin mendapatkan kartu ucapan darimu. 


(Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Untuk Menyambut Lebaran Tahun Ini)


6. Greetings Island

Aplikasi yang bisa membantu buat kartu ucapan selamat lebaran adalah Greetings Island. Bereksplorasi dengan ilustrasi dan font bisa kamu coba lewat aplikasi Greetings Island di ponselmu. Kamu pun bisa memadukan antara warna dan besar kecil kata-kata di dalam kartu ucapan virtualmu.


Cara pakai:

1. Pilih kategori card design yang kamu inginkan. Jika tidak menemukan, kamu bisa mengetik kata kunci lewat kolom search.

2. Tentukan template.

3. Ubah kalimat dengan ucapan selamat idul fitri atau yang lainnya.

4. Pilih warna, jenis font, ukuran jika diinginkan.

5. Klik tulisan Next.

6. Pilih save image dan bagikan.


Itulah berbagai aplikasi desain kartu ucapan selamat lebaran yang bisa kamu coba untuk membuatnya secara mudah. Selamat mencoba!

Life & health