Mengenal Simbol Cinta Di Berbagai Negara


  • Mengenal Simbol Cinta Di Berbagai Negara
    Tak hanya satu boks cokelat atau seikat bunga, ternyata di sejumlah negara beberapa benda punya makna tersendiri untuk mengungkapkan isi hati. Foto: Dok. Pexels.com

    Tradisi menunjukkan kasih sayang pada orang yang disuka tentu berbeda di tiap belahan dunia. Sistem sosial, keadaan lingkungan, dan budaya setempat jadi faktor penentu yang menentukan seluruh perbedaan yang ada. Mau tahu bagaimana beberapa masyarakat dunia menujukkan rasa cinta mereka? Berikut sembilan di antaranya.


    1. Afrika


    (Surat cinta khas suku Zulu. Cantik, kan? Foto: Dok: Amanda Appleby)


    Di Afrika Selatan, Suku Zulu mengungkapkan perasaan mereka dengan menggunakan Ucus. Merupakan sejenis surat cinta yang terbuat dari manik-manik beraneka warna, wanita akan memberikan Ucus kuning untuk pria untuk menunjukkan rasa sayangnya. Sementara jika mereka memberikan Ucus bermanik merah, artinya mereka sedang benar-benar marah.


    2. Jepang


    (Dari mata, mulut, dan perut, lalu turun ke hati. Foto: Dok. Live Japan)


    Orang Jepang selalu punya cara manis untuk menyatakan cinta atau ketertarikan mereka terhadap seseorang. Oleh sebab itu, wanita Jepang biasaya akan membuatkan bekal makan siang yang begitu cantik dan lezat untuk lawan jenis yang dicintainya. Semakin variatif makanan yang dibuatkannya, artinya semakin besar dan istimewa perasaan yang mereka punya.


    (Baca Juga: 9 Cara Menunjukkan Cinta Dalam Hubungan Jarak Jauh)


    3. Jerman


    (Babi adalah simbol cinta paling umum di negara ini. Foto: Dok. German Culture)


    Cara di Negeri Bratwurst ini terbilang unik. Karena hewan babi dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan simbol cinta bagi pasangan, maka cara menyatakan rasa suka pada someone special adalah dengan memberikan patung, boneka, cokelat, cake, dan benda lainnya yang bergambar atau berbentuk babi.


    4. Meksiko


    (Rasa cinta yang bisa dibagi bukan hanya untuk pasangan melainkan orang lain yang juga dikasihi. Foto: Dok. Pexels.com)


    Tiap tanggal 14 Februari, pria-pria Meksiko kerap mendatangi rumah wanita yang dicintai sambil membawa balon dan juga permen. Sedangkan para wanitanya akan membuat kue untuk diberikan pada teman-teman dan tetangga mereka. Lucunya, hari ini bukan disebut sebagai hari Valentine melainkan Dia del amor y la amistad yang berarti hari penuh cinta dan persahabatan.


    5. Austria


    (Bagaimana menurutmu. Apakah tradisi ini terdengar aneh? Foto: Dok. Pexels.com)


    Mengempit apel di ketiak wanita untuk dimakan oleh pria yang mencintainya adalah salah satu tradisi paling nyeleneh dari Austria. Namun karena aroma tubuh wanita sering diidentikkan dengan daya tarik seksual, maka kebiasaan ini akhirnya bisa dipahami sebagai salah satu simbol ketertarikan antar lawan jenis.


    6. Kanada, Greenland, dan Alaska


    (Gemas, ya! Foto: Dok. Euro Talk)


    Berbeda dengan tradisi kebanyakan orang, Suku Inuit yang berdiam di tiga negara di atas punya cara lain untuk menunjukkan rasa cinta. Bukan dengan kado atau pemberian dalam bentuk apa pun, melainkan dengan saling beradu hidung atau menggesek-gesekkan ujung hidung mereka satu sama lain dengan orang-orang yang dianggap istimewa dan dicinta baik berupa pasangan atau juga keluarga.


    (Baca Juga: Inilah Tanda Hubungan Cinta Akan Bertahan Lama)


    7. Wales


    (Sendok-sendok kayu cantik sebagai tanda cinta seorang pria pada wanita. Foto: Dok. Wales Online)


    Dimulai sejak abad ke-17, tradisi mengukir sendok cinta dari kayu untuk diberikan pada pujaan hati adalah kegiatan yang paling sering dilakukan pada masanya. Di mata para wanita, pria yang memberikan mereka benda tersebut tentu dianggap sangat mencintainya. Sedangkan dari sisi orang tua wanita, semakin bagus dan rapi hasil ukiran pria-pria itu, maka akan semakin terampil dan maskulinlah mereka untuk anaknya. Kini, sendok macam ini adalah hadiah langka yang paling diminati masyarakat setempat.


    8. Swedia


    (Sepertinya masyarakat Swedia cukup romantis kalau urusan cinta. Foto: Dok. Pexels.com)


    Di sini, tradisinya adalah wanita harus memetik tujuh macam bunga dari tujuh taman atau kebun untuk kemudian disimpan di bawah bantal. Untuk apa? Mereka sangat percaya bahwa pada malam hari mereka akan kedatangan mimpi tentang pria yang akan jadi pasangan hidupnya di masa depan.


    9. China Barat Daya


    (Kalau sedang PDKT, siap-siap selalu perhatikan serbet pembungkus sumpit, ya! Foto: Dok. Pexels.com)


    Di barat daya Cina, ada tradisi yang masih bertahan, yakni wanita mengungkapkan perasaannya dengan sumpit yang dibungkus serbet. Bila sang Hawa memberikan pria sepasang sumpit, maka artinya ia mencintai laki-laki tersebut. Tapi bila hanya ada satu batang saja, artinya ia menunjukkan penolakan atau ketidaktertarikan.