7 Film Dokumenter Fashion Di Netflix Yang Wajib Ditonton


  • 7 Film Dokumenter Fashion Di Netflix Yang Wajib Ditonton
    Tujuh film dokumenter fashion di Netflix yang wajib ditonton minggu ini. (Foto: Dok. IMDB)


    Melakukan padu padan dengan berbagai produk fashion agar terlihat modis telah menjadi kegemaran banyak masyarakat Indonesia saat ini. Terutama bagi para fashionista yang tinggal di kota-kota besar dan memiliki banyak aktivitas sosial. 




    Dunia mode memang menarik. Pernahkah kamu membayangkan apa yang sebenarnya terjadi pada proses pembuatan sebuah produk? Atau bagaimana sebuah tren dapat tercipta? Memang tidak semua orang memiliki akses untuk mengetahui secara langsung, tetapi kamu tetap bisa mengetahuinya dengan menonton dokumenter fashion


    (Baca juga: 9 Fashion Podcast Rumah Mode Ternama Yang Wajib Didengar)


    Dokumenter fashion bisa ditonton dengan mudah di sejumlah layanan streaming film dan serial televisi. Salah satunya adalah Netflix. Walaupun judul yang tersedia tidak sebanyak yang ditawarkan untuk wilayah Amerika Serikat, namun tetap ada sejumlah dokumenter fashion yang menarik dan menampilkan cerita dari sudut pandang para profesional di industri mode. 


    Jika kamu memang seorang pencinta mode sejati, menonton dokumenter fashion dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang pada minggu ini. Mulai dari yang mengisahkan tentang perancang busana, pemimpin redaksi majalah mode, hingga pencetus konsep supermodel. Berikut adalah tujuh dokumenter fashion di Netflix yang wajib ditonton. 



    Maddman: The Steve Madden Story


    (Maddman: The Steve Madden Story. Foto: Dok. IMDB)


    Siapa yang tak mengenal Steve Madden? Label alas kaki ini memiliki sejarah yang cukup ini. Sang pendiri, Steve Madden, sempat tersandung kasus manipulasi saham, uang, dan penipuan hingga akhirnya mendapat tuntutan penjara selama 41 bulan. Ia juga diharuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO di Steven Madden, Ltd. Film dokumenter fashion ini pun menampilkan tentang kisah ini hingga akhirnya ia membangun kembali perusahaannya hingga sukses seperti sekarang.


    Franca: Chaos and Creation


    (Franca: Chaos and Creation. Foto: Dok. IMDB)


    Film dokumenter ini tidak menceritakan tentang seorang perancang busana, melainkan almarhum pemimpin redaksi majalah Vogue Italia, Franca Sozzani. Ia menjabat selama 28 tahun hingga akhirnya meninggal di usia ke-66 pada 2016 silam. Film dokumenter ini menampilkan wawancara dengan sejumlah tokoh yang dekat dengan wanita tersebut. Mulai dari Bruce Weber, Baz Luhrmann, Courtney Love, hingga Karl Lagerfeld. 



    Explained


    (Explained. Foto: Dok. IMDB)


    Sesuai dengan judulnya, serial dokumenter ini menjelaskan bagaimana berbagai hal dapat terjadi. Salah satunya adalah tren athleisure yang marak diikuti oleh para fashionista dari berbagai belahan dunia. Dengan durasi hanya 16 menit saja, dokumenter fashion ini cocok untuk kamu yang takut tidak fokus untuk menonton terlalu lama.



    Casablancas: The Man Who Loved Women


    (Casablancas: The Man Who Loved Women. Foto: Dok. IMDB)


    Kamu mungkin sudah sering mendengar nama supermodel Naomi Campbell, Cindy Crawford, dan Gisele B√ľndchen. Tapi, apakah kamu mengetahui siapa John Casablancas? Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentangnya. Ia adalah pencetus konsep supermodel sekaligus pendiri agensi model ternama, Elite. Film dokumenter ini menceritakan tentang perjalanan kariernya yang menarik.



    Abstract: The Art of Design


    (Abstract: The Art of Design. Foto: Dok. IMDB)


    Tren sepatu sneakers memang tidak ada habisnya. Namun, apakah kamu mengetahui bagaimana sebuah sepatu yang sukses di pasaran dan begitu digemari oleh banyak orang dirancang? Salah satu episode dari serial dokumenter ini menceritakan tentang Tinker Hatfield yang merancang sejumlah sepatu untuk Nike, termasuk seri Air Jordan yang ikonis.  


    (Baca juga: Mengintip Kehidupan Jessica Jung Sebagai Fashion Director)


    7 Days Out


    (7 Days Out. Foto: Dok. IMDB)


    Setiap episode dari serial dokumenter ini menampilkan kisah dari acara tersohor di dunia. Salah satunya peragaan busana rumah mode ternama Chanel untuk koleksi haute couture-nya. Dengan durasi selama 46 menit, dokumenter fashion ini menampilkan bagaimana sebuah peragaan busana dapat terjadi, mulai dari pembuatan koleksi, pembangunan panggung, hingga detik-detik sebelum para model berjalan menampilkan rancangan adibusana ke mata publik untuk pertama kalinya.



    Jeremy Scott: The People's Designer


    (Jeremy Scott: The People's Designer. Foto: Dok. IMDB)


    Lahir di Missouri, Amerika Serikat, dan tumbuh besar di lingkungan peternakan tidak membuat Jeremy Scott tak mengenal mode. Film dokumenter fashion berdurasi 1 jam 50 menit ini menceritakan kehidupannya hingga menjadi seorang Direktur Kreatif untuk rumah mode ternama Moschino yang terkenal dengan berbagai rancangan uniknya.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below