Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh


  • Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh
    Buah kurma bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari peningkatan pencernaan hingga mengurangi risiko penyakit. (Foto: Dok. Mona Mok/ Unsplash)

    Kurma adalah buah yang berasal dari pohon kurma, yang banyak tumbuh di daerah tropis. Buah kurma memiliki rasa yang manis dan memiliki beberapa nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Healthline, buah kurma mengandung karbohidrat, protein, serat, kalium, magnesium, tembaga, vitamin B, zat besi, dan antioksidan. Semuanya kandungan nutrisi ini dapat memberikan manfaat kesehatan mulai dari peningkatan pencernaan hingga mengurangi risiko penyakit. Nah, apa saja manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini!


    1. Mengatasi Masalah Sembelit




    Salah satu manfaat buah kurma adalah mampu mengatasi masalah sembelit. Sebagaimana diketahui, buah kurma merupakan buah kaya serat yang efektif membantu mengatasi masalah sembelit. Kandungan serat dalam buah kurma dapat mencegah konstipasi dan melunakan feses, sehingga dapat membantu meringankan masalah sembelit. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, 21 orang yang mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan buang air besar yang signifikan dibandingkan dengan ketika mereka tidak makan kurma. 


    2. Mengontrol Kadar Gula Darah


    Tak hanya mampu mengatasi masalah sembelit, serat yang terkandung dalam buah kurma juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, kandungan serat dapat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula darah setelah makan. Karena alasan tersebut, buah kurma memiliki indeks glikemik yang rendah.


    3. Sumber Antioksidan


    Buah kurma mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Antioksidan mampu melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan penyakit. Dibandingkan dengan jenis buah lainnya yang serupa, seperti buah ara dan buah plum kering, buah kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. Tiga kandungan antioksidan dalam buah kurma sebagai berikut:


    Flavonoid


    Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan, dan bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa flavonoid dapat mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker.


    Karotenoid


    Karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan mata, seperti degenerasi makula. 


    Asam Fenolik


    Asam fenolik diketahui bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat mengurangi peradangan. Selain itu, asam fenolik dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker seperti kanker kolorektal dan penyakit jantung. 


    4. Membantu Mengontrol Kolesterol


    Manfaat buah kurma lainnya yaitu dapat membantu mengontrol kolesterol. Dikutip dari Stylecraze, menurut sebuah penelitian di Israel menemukan bahwa, mengonsumsi kurma dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan stres oksidatif. Ini berkat kandungan serat di dalam buah kurma yang bertugas untuk melawan dan membasmi kolesterol jahat di dalam tubuh. 


    5. Memperkuat Tulang


    Buah kurma merupakan buah yang kaya akan tembaga, magnesium, selenium, dan mangan, yang semuanya penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan mencegah gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis. Selain itu, buah kurma juga kaya akan vitamin K, yang berperan untuk membantu pembekuan darah dan membantu metabolisme tulang. Berdasarkan laporan dari North Dakota State University, kurma juga mengandung boron yang baik untuk kesehatan tulang. 


    6. Mengobati Diare


    Menurut laporan oleh Pusat Medis Universitas Columbia, diare bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung dari makanan yang dikonsumsi. Kabar baiknya, buah kurma mengandung potasium yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatasi masalah diare. 


    Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh. Kamu dapat mengonsumsi buah kurma secara langsung, dicampur dengan susu atau dibuat sebagai jus. Semoga bermanfaat!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below