Enggak Punya Dana Darurat Saat Pandemi, Lakukan Ini


  • Enggak Punya Dana Darurat Saat Pandemi, Lakukan Ini
    Dana darurat jadi hal penting selama pandemi, apalagi karena keadaan yang tidak stabil. Namun, bagaimana kalau kamu belum punya? (Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Pandemi saat ini membuat banyak orang merasa kesulitan secara finansial. Maka dari itu, kemampuan untuk mengatur keuangan harus sangat diperhatikan sekarang ini. Beberapa orang untungnya memiliki dana darurat. Namun, tak sedikit juga yang masih belum sempat menyisihkan uangnya untuk mengumpulkan dana darurat.


    Menurut Financial Consultant, Prita Ghozie, tak perlu panik. Ia pun membagikan tips mengatur penghasilan selama pandemi agar kamu yang belum memiliki dana darurat bisa lebih bijak dalam melakukan pengeluaran. Berikut tipsnya.




    (Baca Juga: Enggak Boros Pakai Listrik, Ini 5 Cara Berhemat Selama WFH)


    Utamakan kebutuhan hidup

    Biaya hidup adalah biaya yang tidak bisa dinegosiasi. Kebutuhan ini meliputi biaya makan, listrik, telepon, dan internet untuk kerja dari rumah, termasuk cicilan. Prita juga memasukkan biaya kesehatan dalam kebutuhan hidup.


    Ada simpanan

    Walau kamu belum punya dana darurat sekarang ini, bukan berarti kamu terlambat dan enggak bisa memulainya. Prita menyarankan agar kamu tetap menabung. Setelah menemukan sisa dana dari kebutuhan hidup, tetap sisihkan sebagian penghasilan untuk dana darurat. Bagi Prita, sangat penting di masa sekarang untuk memiliki dana cadangan tunai. Enggak usah dipikirkan akan digunakan untuk apa, yang penting kamu punya dana untuk survive.


    Hiburan

    Ternyata, dana hiburan tetap penting, khususnya di tengah pandemi sekarang ini. Berada di rumah terus akan menyebabkan rasa bosan yang meningkat. Maka, kamu tetap perlu menyisihkan dana hiburan selama di rumah. Namun ingat, hanya lakukan ini kalau memang memungkinkan. Menurut Prita, kalau dana tidak cukup, tetap prioritaskan kebutuhan hidup, lalu cari hiburan gratis seperti nonton IG Live atau olahraga.


    Hindari investasi

    Kalau kamu tak ada dana lebih, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk berinvestasi. Sebaiknya tetap tabung tunai sebagai dana darurat, jadi kalau dibutuhkan bisa diambil dengan cepat. Kecuali kamu masih beruntung mendapatkan THR. Tapi Prita tetap menyarankan agar mengalokasikan THR untuk membayar cicilan dan menambah nominal dana darurat.


    (Baca Juga: 4 Cara Mudah Mengatasi Masalah Keuangan)


    Mengatur pengeluaran

    Mengingat banyak ketidak-pastian yang terjadi, kamu juga harus bisa menyesuaikan pengeluaran. "Dalam artian, gaya hidup," jelas Prita. Semakin cepat kamu bisa menyesuaikan gaya hidup yang baru (yang lebih hemat tentunya), semakin cepat kamu bisa mengikuti pemasukan yang baru. Tentu akan jadi sia-sia kalau kamu sudah berusaha menghemat kebutuhan, namun gaya hidup tetap foya-foya.


    Itulah cara mengatur finansial selama pandemi ketika kamu enggak punya dana darurat. Yuk, mulai mencoba dari sekarang agar kamu bisa terus bertahan melawan pandemi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below