Life & health

Enggak Boros Pakai Listrik, Ini 5 Cara Berhemat Selama WFH

By : Kiki Riama Priskila - 2020-03-23 17:57:00 Enggak Boros Pakai Listrik, Ini 5 Cara Berhemat Selama WFH

Sebagian besar pekerja sudah mulai bekerja dari rumah atau bahasa kerennya, work from home (WFH). Walaupun gerakan ini didasari akibat pandemi virus Corona yang semakin meluas, namun bekerja dari rumah memang rasanya lebih menyenangkan. 


Kamu bisa bangun lebih siang karena enggak harus buru-buru naik transportasi ke kantor, bisa curi me-time kalau sedang lelah dan bosan, dan pastinya produktivitasmu bisa lebih meningkat. Tapi, jangan salah karena WFH juga punya dampak negatif, yakni bikin tagihan bulanan, seperti listrik, ikut meningkat. Lalu, bagaimana cara agar kamu bisa tetap berhemat selama masa WFH?




(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

1. Hindari penggunaan AC

Di kantor mungkin kamu terbiasa bekerja dalam ruangan ber-AC yang sejuk. Nah, kebiasaan ini harus dihilangkan saat bekerja dari rumah atau WFH. Percaya deh, kamu akan kaget melihat tagihan listrik kalau kamu tidak segera menghentikannya. Sebaiknya, buka jendela lebar-lebar dan biarkan angin sejuk menyapamu. Atau, kamu juga bisa bekerja di teras atau halaman belakang rumah. Siapa tau kamu malah mendapatkan ide-ide kreatif yang menarik?




(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

2. Lepas charger laptop jika tak dibutuhkan

Jujur deh, ini jadi kebiasaan buruk banyak orang, yakni membiarkan charger tercolok di laptop seharian, selama kita bekerja. Padahal, ini hanya akan menambah pundi-pundi tagihan yang harus kamu bayarkan pada akhir bulan nanti. Pastikan kamu mencabut charger setelah baterai terisi penuh. Selain menghemat listrik, laptop-mu jadi tak mudah rusak.




(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

3. Kurangi jajanan online

Sebelumnya, terima kasih pada bapak/ibu driver online yang masih giat bekerja di luar rumah di tengah tingginya tingkat penularan Covid-19. Namun, kemudahan ini kadang membuat kamu 'lapar mata'. Mungkin kamu terbiasa jajan sore di kantor, sehingga kebiasaan ini terbawa ke rumah. Usai makan siang, pesan kopi. Lanjut ke sore, pesan pisang goreng. Sebenarnya sekali-sekali sih boleh tapi kalau dibiasakan setiap hari, saldo di rekening bisa terkuras cepat!




(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

4. Buat 'to-do list' yang produktif

Semakin kamu sibuk, semakin kamu lupa dengan rasa bosan. Kalau kamu punya cukup banyak hal yang harus dikerjakan, pasti kamu enggak akan punya waktu luang untuk melihat Instagram atau situs e-commerce yang bisa membuaimu untuk membeli suatu barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Lagipula, semakin produktif, semakin banyak pekerjaanmu yang bisa diselesaikan. Atasan akan jadi senang sekali.




(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

5. Manfaatkan 'internet-call'

Saat bekerja dari rumah, kamu pasti harus sering menghubungi banyak klien atau rekan tim. Daripada membuang pulsa dan kuota, maksimalkan penggunaan WiFi di rumah. Selain sinyal yang biasanya lebih bagus, simpan kuotamu untuk hal-hal mendadak, seperti listrik yang tiba-tiba mati saat harus meeting.


Itulah 5 cara berhemat selama work from home. Jadi, mana yang mau kamu lakukan lebih dulu?

Life & health