4 Cara Menghilangkan Ingrown Hair


  • 4 Cara Menghilangkan Ingrown Hair
    Saatnya terbebas dari ingrown hair yang mengganggu. (Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels.com)

    Ingrown hair adalah bulu yang pertumbuhannya mengarah ke dalam kulit. Penampakannya seperti benjolan-benjolan kecil yang bisa menyebabkan rasa nyeri, bahkan peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi pada area kulit di mana bulu baru saja dicabut atau dicukur. Apakah kamu termasuk salah satu yang pernah mengalaminya? Ini cara mencegah dan menghilangkannya. 


    (Baca juga: Tips Mencukur Bulu Kaki Di Rumah Agar Tidak Iritasi)




    Scrub atau Dry Brushing

    Tiga hari setelah mencukur bulu atau melakukan waxing, scrub area tersebut saat kulit dalam keadaan kering. Lakukan dengan gerakan memutar yang lembut. Teknik ini berfungsi untuk menghilangkan penumpukan sel kulit mati yang bisa menyebabkan terjadinya ingrown. Selain scrub, kamu juga bisa menggunakan sikat khusus tubuh yang lembut. Lakukan ritual ini kembali sehari sebelum mencukur atau waxing


    Perhatikan Panjang Bulu Sebelum Waxing

    Pastikan bulu sudah tumbuh minimal 1cm sebelum kamu memutuskan untuk melakukan waxing, atau setidaknya tunggu tiga sampai empat minggu dari terakhir kamu waxing. 


    (Baca juga: Rekomendasi 10 Produk Waxing Untuk Perawatan Dari Rumah)


    Hindari Mencabut Paksa

    Terkadang kita suka gemas ketika melihat ingrown dan memilih untuk mencabutnya menggunakan pinset. Tindakan ini justru bisa memicu pertumbuhan ingrown lain di dalam permukaan kulit. Jika ingin mencabutnya, sebaiknya tunggu sampai benjolan ingrown hilang dan bulu mulai muncul keluar kulit dengan cara eksfoliasi rutin tadi.


    Gunakan Pakaian yang Nyaman

    Jika sudah menjadwalkan waxing, sebaiknya di hari itu kamu mengenakan pakaian yang nyaman. Contohnya, apabila waxing area bikini, kenakan celana dalam berbahan katun yang tidak terlalu ketat. Kalau waxing di area lengan, ketiak, dan kaki, kamu bisa mengenakan loose dress yang nyaman, bisa membuat kulit "bernafas" bebas, dan tidak menimbulkan gesekan.  



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below