Hati-hati, Ini Bahayanya Makan Mie Instan Waktu Sahur


  • Hati-hati, Ini Bahayanya Makan Mie Instan Waktu Sahur
    Lebih praktis dan cepat bikin mie instan jadi menu andalan saat sahur. Padahal, ada bahayanya. Cari tahu di sini. (Foto: Dok. T-Nguyen/Pexels)

    Bagi kamu yang tinggal sendiri dan tidak punya asisten rumah tangga, rasanya memang berat saat harus bangun pukul 3 sampai 4 pagi untuk sahur. Bukan hanya karena harus melawan rasa kantuk, kamu juga harus bangun lebih awal untuk menyiapkan menu sahur sendiri.


    Inilah yang jadi alasan kenapa banyak yang lebih memilih masak mie instan sebagai menu sahur karena lebih gampang dibuat. Padahal, kamu pasti sudah tahu bahwa mie instan termasuk dalam makanan yang kurang baik kalau dikonsumsi setiap hari karena mie hanya memiliki kalori dan karbohidrat.




    Saat puasa, kamu perlu asupan nutrisi yang baik, apalagi dalam kondisi pandemik seperti sekarang ini. Kamu tentu harus lebih aware akan makanan yang masuk ke dalam perutmu. Pastikan makanan-makanan tersebut memiliki nutrisi lengkap seperti serat, mineral, vitamin, protein, dan lemak.


    (Baca Juga: 12 Pengganti Gula Yang Aman Dikonsumsi Selama Puasa)


    Tentunya nutrisi lengkap ini tak bisa ditemukan dalam mie yang terbuat dari bahan dasar tepung. Tahu enggak kalau tepung adalah bentuk gula sederhana yang mudah dicerna tubuh. Inilah yang jadi alasan kenapa kamu akan lebih cepat lapar setelah mengonsumsi mie.


    Intinya, bukan berarti kamu sama sekali tidak boleh mengonsumsi mie saat sahur. Yang penting tidak dilakukan setiap hari. Saat kamu ingin, pastikan kamu menyeimbangkannya dengan menambah bahan sehat lainnya seperti sayuran dan daging. Sayuran sehat yang bisa jadi opsi berupa sawi, kangkung, tomat, wortel, dan timun. Dengan begini, kamu akan tetap mendapatkan asupan zat besi, vitamin, antioksidan, dan ragam mineral penting lainnya.


    (Baca Juga: Ketahui Waktu Terbaik Untuk Olahraga Saat Puasa)


    Untungnya, sekarang ini semakin banyak restoran atau catering rumahan yang menawarkan menu frozen sehingga hal ini akan lebih memudahkan kamu saat sahur dan berbuka. Dibanding setiap hari harus makan mie, kamu bisa langsung menghangatkan menu-menu beku namun tetap memiliki nutrisi yang diperlukan.


    Selamat mencoba dan semoga ibadah puasamu terus dilancarkan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below