Simak 7 Hal Penting Sebelum Potong Rambut Sendiri Di Rumah


  • Simak 7 Hal Penting Sebelum Potong Rambut Sendiri Di Rumah
    Perhatikan hal berikut ini sebelum potong rambut sendiri. (Foto: Dok. Freepik)


    Masa pandemi corona, berdampak pada perubahan kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Selain kerja di rumah dan berbelanja lewat online shop, kegiatan lain yang harus diminimalisir atau bahkan dihentikan adalah pergi ke salon kecantikan.

    Ragam perawatan mulai dari creambath dan mewarnai rambut pun kerap dilakukan sendiri di rumah. Tak terkecuali juga memotong rambutmu sendiri. Pernah mencobanya?



    Potong rambut sendiri di rumah sebetulnya bukanlah hal yang sulit dilakukan. Berbagai panduan video yang bertebaran di media sosial bisa jadi referensi pilihan model untuk rambutmu. Namun, sebelum mencobanya, berikut 7 hal penting yang harus diketahui sebelum memotong rambutmu di rumah.


    (Baca Juga: 11 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok)


     

    1. Apakah rambutmu bermasalah?

    Bermain dengan potongan rambut kerap jadi hobi bagi sebagian orang. Terutama bagi mereka yang suka mengubah gaya tampilannya.

    Namun yang lebih penting adalah mengapa potong rambut harus dilakukan. Melansir laman Allure, seorang penata rambut profesional Erickson Arrunategui menjelaskan bahwa saat rambut bagian bawah mulai bercabang, itulah tanda rambutmu harus segera dibenahi.

    "Ujung rambut yang bercabang biasanya merupakan tanda kamu harus memotong rambut. Karena kamu pasti tidak ingin rambut-rambut itu terus membelah batang rambut dan menyebabkan kerusakan permanen pada helai rambut yang lain," jelasnya.

    Oleh sebab itu, jika kamu telah menemukan kerusakan pada rambut, memotongnya sendiri jadi hal penting yang bisa kamu terapkan sendiri untuk sementara ini.


    2. Merawatnya terlebih dahulu

    Jika kamu tidak yakin untuk memotong rambutmu sendiri, selain harus bersabar dulu sampai pandemi virus corona mereda, jalan lain yang bisa kamu lakukan adalah merawatnya. 

    Erickson Arrunategui menyarankan untuk memilih produk perawatan rambut unggulan untuk mencegah munculnya cabang, kusam, kering dan lainnya selama tak pergi ke salon. Cobalah aplikasikan serum dan masker untuk rambut dengan rutin. Selain bisa menjaga kesehatannya, ini juga cara untuk rileksasi bagimu selama WFH.


    (Baca Juga: Inilah 6 Cara Merawat Warna Rambut Agar Tidak Pudar)


    3. Gunakan alat yang benar

    Apabila kamu sudah dalam keadaan terdesak untuk tidak memotong rambutmu, gunakanlah alat yang sesuai agar potongan sesuai dengan keinginanmu.

    Meski hanya membutuhkan gunting dan sisir, memilihnya perlu ekstra karena hal ini akan berpengaruh pada hasil akhir rambutmu. Penata rambut Andrew Fitzsimons tidak menyarankan untuk meghindari penggunaan gunting yang telah digunakan sebelumnya.

    "Gunting berkualitas rendah dapat membuat ujung rambut Anda terlihat berantakan dan usang. Tidak ada yang menginginkan itu," jelasnya melansir laman Allure.

    Oleh karenanya, siapkanlah gunting baru khusus untuk rambutmu. Hal ini akan memudahkan untuk memotongnya sendiri di rumah.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker Rambut yang Baik untuk Perawatan)


    4. Mulailah dengan rambut bersih, kering, dan ditata

    Kecuali jika kamu memiliki ikal atau rambut bergelombang. Membasahi rambut seperti apa yang dilakukan oleh penata rambut sebelum memotongnya memang jadi ide yang bagus untuk ditiru. Namun, untuk melakukannya pun butuh waktu agar bisa berhasil.

    Namun, hairstylist Justine Marjanhal masih menyarankan untuk memotong rambut dalam keadaan kering, bersih dan tertata. Ini jadi cara untuk menghindari penyusutan rambut setelahnya. Meskipun begitu, jika kamu nyaman memotongnya dalam kondisi basah, cara iti bisa kamu terapkan juga dengan mengukur lebih detail agar tidak terlalu pendek.


    5. Mulai dengan potongan kecil

    Untuk menghasilkan potongan rambut yang sesuai keinginan, cobalah memotongnya dengan bagian kecil. Memotong rambut sedikit demi sedikit akan meminimalisir risiko potongan yang terlalu pendek.

    Mulailah 1-2 cm terlebih dahulu. Jika sesuai, kamu bisa melanjutkannya kembali.


    (Baca Juga: Tips Merawat Rambut Sebelum Tidur)


    6. Perhatikan arah rambut dan gunting

    Saat kamu sudah mulai untuk memotong rambut, berikan fokus sepenuhnya pada arah rambut dan gunting di tanganmu. Cara memegang bagian rambut dan gunting bisa memengaruhi bagaimana potongan rambutmu nanti.

    Marjan menyarankan untuk menarik rambut lurus ke atas dengan jari-jari. Langkah ini yang termudah untuk memastikan panjang rambut secara keseluruhan. Kemudian, posisikan gunting sejajar dengan rambut dan potonglah secara perlahan dengan teknik vertikal.

    Jika masih ragu untuk melakukannya, carilah referensi video yang sesuai dengan keinginanmu di media sosial.


    7. Hati-hati dengan poni

    Mencoba memotong poni baru bisa dilakukan dengan ekstra hati-hati. Mulailah dengan membagi rambut menjadi dua sisi, hingga bagian tengah terlihat seperti segitiga. Kemudian, gunakanlah lengkungan alis sebagai panduan untuk menentukan tepi bagian terluar.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below