Muka Kamu Terlihat Tua? Mungkin Ini Sebabnya


  • Muka Kamu Terlihat Tua? Mungkin Ini Sebabnya
    wajah yang menua (Foto: Freepik)

    DIJAWAB oleh  dr. Anesia Tania SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin


    Saya berumur 36 tahun, dan ibu dari tiga anak. Aktivitas sehari-hari berkerja Senin-Jumat dan disela itu mengurus anak. Sayagak  terganggu dengan wajah saya. Banyak yang bilang bahwa wajah saya sekarang ini lebih tua dari usia saya. Kebetulan saya orangnya cuek, jadi orang ngomong apa pun, saya nggak ambil pusing. 



    Belakangan yang komplain ikut-ikutan suami saya, saya pun jadi gelisah dan mau berubah perlahan – yang sebisa saya nanti. Tapi pertanyaan saya itu: memang apa yang bisa bikin kita jadi lebih tua? Saya mau tahu. Kali aja dari sana, ada yang bisa saya ubah. Terima kasih.


    Ira (36 tahun) – Malang


    JAWAB:

    Halo mba Ira.

    Bicara penuaan, itu bisa terjadi karena dua faktor, yakni faktor intrinsik dan ekstrinsik. Kalau intrinsik, itu datang dari genetika. Bila orang tua mba Ira memang orang yang termasuk wajahnya gampang menua, mungkin dari sana penyebabnya.

    Adakah orang tua mba Ira kulit wajahnya terlihat lebih tua dari umurnya? Bila tidak, kemungkinan besar apa yang terjadi denga mba Ira akibat faktor ekstrinisik. Yakni, mba Ira melakukan faktor-faktor yang meningkatkan penuaan.


    Apa saja itu?

    Sering terpapar matahari – hingga muka jadi jerawatan dan kusam, punya kebiasaan merokok, dan sering terkena polusi. Nah, kira-kira apakah gaya hidup sehari-hari mba Ira meliput dari faktor-faktor di atas? Misal, apakah mba pekerjaan mba sering terpapar polusi dan mba tidak pakai masker atau pelembab?


    Silahkan di jawab sendiri. Tetapi, semakin banyak faktor-faktor yang meningkatkan penuaan itu ada pada kamu, semakin besar percepatan penuaan yang terjadi.


    Demikian. Semoga membantu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below