Brides

6 Cara Menghemat Menggelar Pesta Pernikahan Anti Mahal

By : Fariza Rahmadinna - 2020-04-09 13:59:00 6 Cara Menghemat Menggelar Pesta Pernikahan Anti Mahal

Benarkah menggelar pesta pernikahan impian membutuhkan uang banyak? Pada kenyataannya, menggelar pesta pernikahan impian tidak perlu menghabiskan dana yang begitu besar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara menghemat biaya pernikahan dijamin anti mahal. Mau tahu apa saja? Yuk, disimak!


1. Pentingkan Dirimu dan Pasangan


Ketika menggelar pesta pernikahan, jangan fokus pada apa yang orang lain inginkan. Ini adalah hari kamu dan pasangan. Jadi sudah seharusnya kamu dan pasangan yang memutuskan bagaimana hari besar dan bahagia itu dilaksanakan. 


(Baca Juga: 7 Tren Pernikahan Yang Populer Di Tahun 2020)

2. Jangan Pikirkan Pendapat orang lain


Jika kamu dan pasangan hanya ingin menggelar pesta pernikahan yang sederhana, semisal hanya menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) saja. Kamu mungkin akan mendapat kritikan dari beberapa orang karena keputusan tersebut. Akan tetapi, orang-orang yang benar-benar menyayangimu pasti akan menerima keputusanmu itu. Jadi jangan pikirkan pendapat orang lain, ya!


3. Kurangi Daftar Tamu Undangan


Sebelum menggelar pesta pernikahan, buatlah daftar tamu yang ingin kamu undang ke pesta pernikahan. Undang orang-orang yang memang berarti buat kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan tidak perlu mengundang teman-teman lama yang sudah tidak pernah berkomunikasi lagi selama 10 tahun terakhir. Hal itu justru akan menambah biaya catering dan yang lainnya. 


4. Undangan Online


Di zaman yang serba digital seperti saat ini, kamu boleh saja mengundang para tamu undangan secara online. Memang, mengundang orang lewat kartu undangan lebih terasa spesial, tetapi hal ini hanya akan menambah biaya pernikahanmu. 


5. Buat Sendiri Dekorasi Pernikahan


Untuk menghemat biaya pernikahan, kamu bisa mendekorasi sendiri pesta pernikahanmu. Kamu bisa mencari inspirasi dari internet atau bisa meminta tolong kepada teman-temanmu yang ahli dalam hal mendekorasi untuk membantu. 


(Baca Juga: Ide Dekorasi Pernikahan Bertema Alam)

6. Buat Suvenir Sendiri


Meskipun toko di luar sana tidak mematok harga yang mahal untuk suvenir, namun tidak ada salahnya jika kamu bisa membuat sendiri suvenir pernikahan. Selain unik, suvenir yang kamu buat sendiri juga akan berkesan untuk para tamu undangan. 


Itu dia beberapa cara menghemat biaya pesta pernikahan. Semoga membantu!


Brides