5 Tips Menabung Untuk Menikah Paling Efektif


  • 5 Tips Menabung Untuk Menikah Paling Efektif
    Persiapkan pernikahan dengan 5 tips menabung untuk menikah paling efektif. (Foto: Dok. Joanna Nix/Unsplash)

    Setiap pasangan tentu menginginkan hubungan cinta mereka berjalan mulus hingga ke pelaminan. Sebelum menggelar pesta pernikahan, kamu dan pasangan harus menyiapkan sejumlah biaya yang disesuaikan dengan konsep pesta pernikahan impian. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu dan pasangan mulai menabung dari sekarang, agar pesta pernikahan impian dapat terlaksana dengan lancar. Nah, berikut ini beberapa tips menabung untuk pernikahan impian. Mau tahu apa saja? Yuk, disimak


    1. Siapkan Rekening Terpisah 


    Untuk mencapai target tabungan pernikahan, kamu dan pasangan perlu mempersiapkan rekening yang terpisah dengan rekening utama atau rekening gaji. Hal ini dilakukan demi mencegah agar dana pernikahan tidak dipergunakan secara tidak sengaja. Adanya rekening khusus juga terbilang sangat jitu untuk menyiapkan dan mengamankan dana pernikahan. 


    Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa membuat tabungan dalam bentuk deposito untuk jangka panjang. Seperti diketahui, deposito memiliki jatuh tempo pengambilan, sehingga kalian tidak bisa sembarangan mempergunakan uang tersebut, dan deposito juga memberikan bunga yang lebih besar dari tabungan biasa. 


    (Baca Juga: Inilah Tanda Hubungan Cinta Akan Bertahan Lama)

    2. Menyisihkan Sebagian Pendapatan


    Setelah memiliki rekening khusus, kamu dan pasangan juga harus mulai menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung ke dalam rekening khusus tabungan pernikahan. Kamu dan pasangan cukup menyisihkan setidaknya 20-30 persen dari gaji yang diterima. Jika kalian rajin menyisihkan sebagian pendapatan, pernikahan impian siap terlaksana dengan lancar!


    3. Membuat Rincian Anggaran Pernikahan


    Sekarang, mulailah fokus membuat rincian anggaran pengeluaran untuk menggelar pesta pernikahan impian. Perlu diingat, jangan hanya berfokus pada keperluan besar seperti gedung, katering, makeup atau gaun pernikahan saja, tetapi juga keperluan kecil seperti undangan dan suvenir. Usahakan untuk membuat rincian anggaran pernikahan dengan sangat detail. Pastikan kamu dan pasangan disiplin terhadap rincian anggaran yang sudah kalian buat, agar tidak terjadi over budget. 


    4. Terapkan Pacaran Hemat


    Sebaiknya, mulailah untuk menerapkan gaya pacaran hemat. Hal ini dilakukan untuk menekan pengeluaran. Kamu dan pasangan bisa mengganti rutinitas menonton bioskop atau makan di restoran setiap minggu dengan menonton film di rumah atau memasak makanan favorit bersama. Kegiatan ini tidak kalah romantis kok!


    (Baca Juga: 10 Tanda Pria Pengertian Yang Tepat Untuk Jadi Pasangan)

    5. Komitmen


    Terakhir, setelah kamu dan pasangan sudah melakukan langkah-langkah menabung seperti yang disebutkan sebelumnya, kalian harus memiliki komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Karena proses menabung ini tidak akan sepenuhnya berjalan mudah. Ada beberapa hal yang harus kalian korbankan, mulai dari menonton bioskop, berbelanja, makan di restoran hingga travelling. Jika komitmen kalian mulai goyah, ingat bahwa kalian melakukan ini untuk membuat pernikahan impian kalian berjalan dengan lancar.