Perhatikan 7 Hal Ini Agar Berat Badan Tidak Naik Saat WFH


  • Perhatikan 7 Hal Ini Agar Berat Badan Tidak Naik Saat WFH
    Inilah hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga berat badan selama bekerja di rumah. (Foto: Dok.Pexels/Marcus Aurelius)


    Work from home kerap buat beberapa kebiasaan hidup ikut berubah dan membutuhkan waktu untuk menyesuaikannya dengan diri. Apakah kamu merasakannya?

    Selain fokus kerja dan produktivitas, hal lain yang juga kerap kali luput dari pengawasan adalah menjaga berat badan selama bekerja dari rumah. Waktu yang terasa fleksibel buat diri lupa untuk makan atau bahkan berlebihan dalam mengonsumsinya. Seperti camilan di meja kerja misalnya, yang buatmu tak bisa berhenti untuk menikmatinya.



    Jika dibiarkan, selain meningkatkan angka timbangan, dampak lainnya juga kesehatan yang buruk. Diabetes, obesitas dan lainnya bisa menghampirimu begitu saja tanpa tahu waktu. Oleh sebabnya, berikut hal yang perlu diperhatikan saat bekerja di rumah agar berat badanmu tidak meningkat.

    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengecilkan Perut & Menurunkan Berat Badan)


    1. Jangan dekat dengan camilan

    Menjauhkan camilan dari meja kerjamu saat bekerja di rumah merupakan langkah tepat untuk dilakukan agar berat badanmu tidak bertambah. Meskipun sulit, kamu bisa mencobanya perlahan dari saat ini. 

    Mengutip laman Huffpost, sebuah studi dalam European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa camilan banyak mengandung kalori tapi sedikit akan nutrisi. Jika memang tidak bisa melepaskan kebiasaan yang satu ini, kamu bisa menggantinya dengan makanan yang lebih sehat serta rendah lemak, seperti buah, granola, oat, dan lainnya.


    2. Makan tepat waktu

    Bekerja dari rumah sebetulnya bukanlah alasan untuk tidak makan tepat waktu. Bahkan hal ini bisa jadi hal yang berbahaya untuk kesehatan. 

    Sebuah penelitian yang dilakukan Northwestern University jika hal ini dilakukan secara terus menerus, akan menaikan berat badan yang tidak signifikan bahkan obesitas. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

    Buatlah jadwal makan pagi, siang dan malammu sebagai to-do-list. Cara ini bisa membantumu untuk mengingat waktu untuk makan.

    (Baca Juga: Jam Makan yang Tepat Jika Anda Sedang Diet)


    3. Hindari makan sambil kerja

    Tanpa disadari, makan dan camilan sudah layaknya support system bagi kamu untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Namun sayangnya, hal ini harus segera dihentikan demi menjaga berat badanmu.

    Melansir laman Net Doctor, Dr Christy Fergusson menyarankan untuk tidak makan sembari kamu menyelesaikan pekerjaanmu. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan mendorongmu untuk makan lebih banyak dari biasanya. Oleh sebabnya, gunakanlah jam makanmu sebagai waktu mengistirahatkan pikiran. 


    4. Minum air putih

    Menjaga kebutuhan air di dalam tubuh adalah hal utama agar fokus tetap terjaga saat bekerja dari rumah. Bahkan manfaat lain, air putih bisa menahan rasa lapar lebih lama.

    Jika kamu bukanlah pecinta air putih yang tawar, cobalah untuk menggantinya menjadi infused water. Cara ini bisa membuatmu semangat untuk minum air putih setiap hari!


    5. Daftar makanan

    Mencatat kegiatan harianmu mungkin sudah jadi kebiasaan yang tak dilupakan. Namun, bagaimana jika mencatat makanan apa saja yang sudah kamu makan setiap harinya?

    Journal of The American Dietetic Association mempublikasikan sebuah studi bahwa membuat daftar makanan apa saja yang telah dikonsumsi bisa menjagamu untuk makan berlebihan. Sebagai pengingat, cobalah mulai hari ini kamu lakukan dan lihat perbedaannya dari hari kemarin.

    (Baca Juga: Mengulik 7 Manfaat 'Infused Water' Untuk Kesehatan Tubuh)


    6. Jadwalkan olahraga

    Selain menjaga makan, olahraga juga jadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan dan berat badan. Meskipun tidak bisa keluar rumah, kamu bisa melakukan berbagai gerakan yang membakar kalori.


    7. Cukup tidur

    Insomnia atau sulit tidur kerap kali jadi pengganggu saat berada di rumah dengan waktu yang cukup lama. Pola hidup seperti ini bisa memicu naiknya berat badanmu, meskipun makanmu cukup teratur. 

    Manusia membutuhkan tidur 8 jam per harinya untuk menjaga metabolisme di dalam tubuh. Hindarilah begadang dan mengerjakan pekerjaan di tengah malam. 

    Inilah daftar yang harus kamu perhatikan agar berat badanmu tidak naik selama work from home.