Daftar Buah Untuk Mendetoksifikasi Tubuh


  • Daftar Buah Untuk Mendetoksifikasi Tubuh
    Detoksifikasi tubuh tentu jadi hal penting saat hendak membuang semua racun yang ada. Lalu, buah apa saja yang bisa membantu? (Foto:Dok. Freepik)

    Detoksifikasi adalah sebuah proses yang berguna untuk menghilangkan racun di dalam tubuh. Lalu, bagaimana racun tubuh terbentuk? Racun dalam tubuh terbentuk selama proses metabolisme serta disebabkan karena gaya hidup dan polusi. Jika terjadi penumpukan racun di dalam tubuh, maka memudahkan tubuh terserang penyakit. Nah, untuk menghilangkan racun di dalam tubuh, kamu dapat melakukan detoksifikasi tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan berikut ini. 


    Apel




    Apel mengandung phytochemical dan pectin, yang sangat baik dalam proses detoksifikasi tubuh. Selain itu, kandungan serat dan mineral seperti malic dan tartaric berperan untuk memperlancar sistem pencernaan. Satu lagi, ada baiknya untuk mengonsumsi buah apel tanpa mengupas kulitnya, ini karena kulit apel mengandung vitamin C dan serat yang bermanfaat untuk tubuh. 


    (Baca Juga: Mengulik 7 Manfaat 'Infused Water' Untuk Kesehatan Tubuh)


    Pepaya


    Buah pepaya mengandung serat dan potasium yang berperan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C dan A dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan secara alami. 


    Lemon


    Seperti diketahui, buah lemon adalah salah satu buah yang bisa digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh. Hal ini karena lemon mengandung antioksidan dan vitamin C, yang mampu menghilangkan racun di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, lemon juga dapat membantu menurunkan stres dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu dapat mengonsumsinya pada pagi hari dengan mencampurkannya ke dalam air hangat. Jika dikonsumsi secara rutin, air lemon sangat baik untuk membantu membersihkan liver, sehingga membuat kerja liver menjadi lebih efektif. 


    Jeruk


    Buah jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem daya tubuh dan menghilangkan racun tubuh, sehingga mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit. Selain itu, buah jeruk dapat membantu menurunkan risiko kolesterol dan kanker usus besar, serta mencegah penyakit batu ginjal. 


    (Baca Juga: 6 Minuman Sehat Dan Kaya Vitamin Untuk Mengawali Hari)

    Alpukat


    Alpukat mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan alpukat yang baik untuk mengeluarkan racun tubuh yaitu omega-3 yang bekerja dengan melumasi dinding usus dan meluruhkan sisa makanan agar diekskresikan oleh tubuh. Tak hanya itu saja, alpukat juga mengandung serat yang dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko terkena kanker usus besar, mencegah penyakit diabetes, stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan obesitas. 


    Berry


    Tak hanya lezat, berries juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mengonsumsi berries dapat membantu mendetoksifikasi tubuh, menurunkan risiko penyakit kanker, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan. Berries yang dapat dikonsumsi untuk detoksifikasi tubuh antara lain stroberi, rasberi, blackberry, dan blackcurrant. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below