7 Cara Mencium Yang Baik


  • 7 Cara Mencium Yang Baik
    Menjadi pencium yang handal memerlukan banyak latihan. Tak perlu khawatir, simak cara mudah yang bisa bikin ciumanmu lebih baik. (Foto: Snapwire/Dok. Pexels)

    Meski terdengar klise, sebuah ciuman bisa membuat hati berdebar-debar. Ada nuansa yang berbeda saat kamu mencium di tengah suasana romantis dengan pasangan yang tercinta, daripada hanya sekadar gerakan bibir dan lidah. Tak perlu pusing, berikut ini 7 cara mudah agar ciumanmu terasa lebih baik.


    1. Menyegarkan diri


    (Cara berciuman yang baik. Foto: Dok. Giphy)

    Saat kamu hendak mendekatkan wajah pada pasangan, tentunya kamu tak ingin mencium bau kopi, rokok, atau bawang. Kunyah permen mint atau menggosok gigi akan menunjukkan bahwa kamu menghargai pasanganmu. Tak ada yang ingin mencium seseorang dengan bau napas tak sedap. Meski ini adalah ciuman ke-1000 kamu untuk si dia, bukan berarti ia ingin "mencicipi" menu makananmu hari itu.


    (Baca Juga: Pasanganmu Benar Cinta, Atau Hanya Nafsu? Ini Perbedaannya!)


    2. Mainkan mata


    (Cara berciuman yang baik. Foto: Dok. Giphy)

    Saat kamu mencondongkan badan untuk menciumnya, tentu kamu tak bisa berbicara menggunakan mulut, jadi kenapa tidak melakukannya lewat mata? Saat di tengah ciuman, tarik sedikit kepalamu, tatap matanya dengan penuh rayuan. Ini bisa meningkatkan emosi yang semakin membuncah. Kamu juga bisa mencoba untuk menyentuh lembut tangannya atau bernapas manja di telinganya.



    3. Memulainya tanpa lidah


    (Cara berciuman yang baik. Foto: Dok. Giphy)

    Ketika kamu hendak mencium, mulailah tanpa lidah sebelum menemukan ritme. Sentuh bibir pasangan dan lihat reaksinya. Saat momen sudah terbentuk, kamu bisa meningkatkan tekanan. Jika hendak menggunakan lidah, cukup sentuh lembut lidah si dia sebagai permulaan. Tak ada yang ingin merasakan air ludah di seluruh wajahnya. Tetap cium secara halus, kecuali memang pasangan menyukai cara yang lebih rough.



    4. Nikmati momen


    (Cara berciuman yang baik. Foto: Dok. Giphy)

    Kamu akan merasa lebih terkoneksi dengan psangan jika bisa berhenti mengkhawatirkan kualitas ciumanmu atau sesuatu yang kamu ucapkan 10 menit lalu. Intinya, stop semua pikiran negatif atau ketakutanmu, dan nikmati setiap momennya.



    5. Tak perlu terburu-buru


    (Cara berciuman yang baik. Foto: Dok. Giphy)

    Proses ciuman adalah kerja sama tim. Jangan memadamkan antusias seseorang dengan teknik ciuman yang terlalu agresif atau berusaha terlalu keras untuk mengontrol situasi. Tarik napas dalam (tentunya bukan saat sedang berciuman) dan lakukan apa yang menurut hatimu benar.


    (Baca Juga: Ketahui 10 Tanda Kamu Memiliki Kehidupan Seks Yang Sehat)


    6. Aplikasikan lip balm


    (Cara berciuman yang baik. Foto: Dok. Giphy)

    Tentunya tak ada orang yang memiliki bibir sempurna selama 24 jam setiap harinya. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk menyimpan lip balm di tas untuk berjaga-jaga. Pastikan kamu mengaplikasikannya setiap kali bibir terasa kering dan pecah-pecah.



    7. Spontan


    (Cara berciuman yang baik. Foto: Dok. Giphy)

    Tak ada aturan khusus dalam berciuman. Kamu bisa bebas mencoba bereksperimen dengan berbagai gaya. Kejutkan si dia dengan menggigit lembut bibir bawahnya dengan gigimu. Ingat, lakukan dengan lembut. Atau, kamu juga bisa mencoba gaya terbalik ala Spiderman. Asalkan kamu dan pasangan sama-sama nyaman melakukannya, lakukan saja.


    Itulah 7 cara agar ciumanmu lebih baik. Meski berciuman perlu latihan dan tentunya chemistry dengan orang yang tepat, tak semua ciuman harus jadi yang terbaik. Tak perlu pusing dan memaksakan diri.