Pasanganmu Benar Cinta, Atau Hanya Nafsu? Ini Perbedaannya!


  • Pasanganmu Benar Cinta, Atau Hanya Nafsu? Ini Perbedaannya!
    Inilah perbedaan cinta dan nafsu. (Foto: Dok. Senivpetro/Freepik)

    Ada beberapa perbedaan yang sangat jelas antara cinta dan nafsu. Cinta adalah sebuah perasaan kuat yang lebih dari sekadar nafsu. Sementara nafsu adalah suatu bentuk ketertarikan yang kuat pada hubungan fisik. Dengan kata lain, nafsu adalah tentang hubungan fisik dan ketertarikan seksual. Sedangkan cinta sedikit lebih rumit, yaitu kebutuhan dasar manusia yang membuat kita terikat secara emosional pada orang lain. Sangat penting untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan di antara keduanya. Ingin tahu apakah pasanganmu benar cinta, atau hanya nafsu? Simak artikel ini untuk mengetahui perbedaannya!


    Cinta adalah tentang hubungan emosional. Nafsu adalah tentang hubungan fisik dan gairah. 


    Menurut Dr. Judith Orloff, psikiater dan penulis The Empath's Survival Guide, rasa cinta berarti dia selalu ingin menghabiskan waktu denganmu dan mendengarkan segala cerita sedih atau dukamu. Selain itu, dia juga tertarik untuk bertemu dan berkenalan dengan teman-teman terdekatmu. Berbeda dengan cinta, nafsu berarti bahwa dia hanya tertarik pada hubungan fisik dan gairah seksual semata daripada melakukan percakapan serius atau bertemu dengan teman-teman terdekat kamu. 


    Nafsu adalah ketika kamu dan pasangan hanya menghabiskan waktu untuk bermesraan. Sedangkan cinta adalah ketika bermesraan bukanlah satu-satunya cara untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, tetapi ada cara-cara lain seperti mencoba kegiatan seru bersama. 


    Nafsu bisa berakhir kapan saja, sedangkan cinta akan bertahan lebih lama.


    Menurut Iris Krasnow, penulis Sex After: Women Share How Intimacy Changes As Life Changes, cinta berakar pada komitmen dan kesabaran. Sementara hubungan yang didasari oleh nafsu hanya demi kepuasan semata dan komitmen yang selalu membara di saat kalian berdua. Bahkan kalian secara langsung atau tidak langsung menyetujui hubungan tanpa status yang nyata. Cinta akan mampu bertahan lama jika kamu dan pasangan dapat menjaga hubungan kalian dengan baik. Namun hubungan yang didasari oleh nafsu tanpa hubungan yang nyata bisa berakhir kapan saja.


    Cinta itu membutuhkan waktu, sementara nafsu itu impulsif.


    Menurut Janet Brito, seorang psikolog dan terapis seks di Center for Sexual and Reproductive Health, cinta berarti dia dapat menerima kamu walaupun kamu memiliki banyak kekurangan. Sebaliknya, nafsu hanya menerima keindahanmu saja. 


    Nafsu hanya tentang kamu dan dia. Cinta adalah tentang kamu, dia, dan mereka.


    Ketika pasangan hanya memiliki nafsu terhadapmu, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk memilikimu seutuhnya. Semua hanya tentang kalian berdua. Sedangkan cinta itu tidak posesif, kamu dan pasangan dapat saling mengerti satu sama lain bahwa masing-masing dari kalian memiliki kehidupan lain bersama dengan sahabat dan keluarga, tidak melulu hanya tentang kalian berdua. 


    Hubungan didasari cinta akan meningkat dari waktu ke waktu. Hubungan didasari oleh nafsu akan memudar seiring berjalannya waktu.


    Menurut Shannon Chavez, psikologis dan terapi seks, cinta adalah sebuah ikatan yang akan semakin kuat dari waktu ke waktu. Inilah yang membuat hubunganmu dan pasangan bertahan lama. Sementara nafsu adalah sebuah keinginan kuat yang dapat memudar seiring dengan berjalannya waktu, sehingga tidak menutup kemungkinan hubunganmu bisa berakhir kapan saja.  


    Jadi, sudah tahu kan perbedaan antara cinta dan nafsu?