Jarang Dipakai, Ini 5 Cara Merawat Mobil Selama Di Rumah Aja


  • Jarang Dipakai, Ini 5 Cara Merawat Mobil Selama Di Rumah Aja
    Mobil yang jarang digunakan cenderung cepat rusak, berikut ini tips perawatan mobil yang harus dilakukan selama mengisolasi diri di rumah. (Foto: Dok. Kaboompics/Pexels)

    Memasuki minggu ketiga mengisolasi diri di rumah demi memutus rantai penyebaran virus Corona, mobil jadi jarang dipakai. Padahal mobil yang jarang digunakan punya risiko rusak. Nah, demi menjaga kondisinya agar tetap baik, ada beberapa hal penting yang tidak boleh kamu lupakan. Berikut 5 hal yang harus kamu lakukan saat tidak menggunakan mobil selama di rumah saja.


    1. Mengisi tangki bensin

    Saat tangki bensin terisi penuh, hanya ada sedikit udara yang tersimpan dalam tangki sehingga mengurangi risiko adanya kondensasi. Proses ini biasanya terjadi karena tangki bensin penuh oleh udara dan terjadi pengembunan saat cuaca dingin. Kalau hal ini dibiarkan setiap hari, air yang menumpuk akibat pengembunan itu bisa memicu munculnya karat di dalam tangki. Selain itu, mengisi tangki bensin hingga penuh juga akan menghemat banyak waktu jika kamu harus pergi karena urusan mendadak.




    (Baca Juga: Enggak Boros Pakai Listrik, Ini 5 Cara Berhemat Selama WFH)


    2. Memanaskan mobil secara berkala

    Meski mobil jarang dipakai, kamu tetap harus memanaskannya secara berkala, setidaknya dua hari sekali. Hal ini ditujukan agar oli mesin akan menyebar dan melumasi seluruh bagian mesin demi menghindari karat.


    3. Menyalakan AC mobil

    Saat memanaskan mobil, kamu bisa menyalakan sistem pendingin atau AC di mobil sehingga memicu sirkulasi di dalam saluran pendinginnya. Kalau AC tidak pernah dinyalakan, ini bisa membuat debu menumpuk atau menimbulkan bau kurang sedap saat AC dinyalakan.


    4. Mencuci mobil

    Selain memerhatikan bagian mesin, kamu juga perlu membersihkan eksterior mobil dengan rutin. Debu yang menumpuk di bagian tubuh mobil bisa menimbulkan goresan halus. Lagipula, mobil bisa tetap kotor akibat debu meski tidak digunakan keluar. Bagi kamu yang memarkir mobil di luar rumah, pastikan untuk menyelimuti mobil menggunakan pelindung kain agar cat mobil tidak kusam akibat terjemur matahari.


    (Baca Juga: 10 Cara Mudah Agar Tetap Produktif Saat "Work From Home")


    5. Mengecek tekanan angin pada ban

    Hal terakhir yang tak kalah penting adalah selalu mengecek tekanan angin pada ban mobil secara berkala. Mobil yang dibiarkan diam terlalu lama di garasi membuat bagian ban yang menapak langsung pada lantai akan menjadi rata, sehingga bentuk ban pun tak lagi jadi bundar seutuhnya. Ini bisa menyebabkan mobil berjalan tidak seimbang. Kamu bisa menjalankan mobil maju-mundur atau keluar masuk garasi agar mengubah posisi tumpuan ban.


    Tak keluar rumah bukan berarti kamu bisa melupakan perawatan mobil. Bahkan, rasanya kamu harus memberikan perhatian ekstra untuk kendaraan kesayanganmu. Dengan mengetahui 5 hal di atas, semoga kamu bisa tahu yang dilakukan demi menjaga kualitas mobil yang prima selama berada di rumah.