Cegah Corona, Ini 5 Tips Terima dan Buka Belanjaan Online


  • Cegah Corona, Ini 5 Tips Terima dan Buka Belanjaan Online
    Sering belanja online selama pandemi Corona? Simak tips aman menerima paketnya demi jaga keamanan rumahmu. (Foto: Dok. mentatdgt/Pexels)

    Selama melakukan physical distancing di rumah, kamu pasti sering menerima kiriman paket online yang diantar ke rumah. Di tengah situasi seperti ini, mungkin menerima paket juga harus diperhatikan keamanan dan kebersihannya. Apapun bentuk paketnya, kamu tidak benar-benar tahu ada berapa banyak orang yang sudah menyentuh paket tersebut. 


    Bukan ingin membuat kamu semakin takut, tapi waspada tak ada salahnya. Simak 5 tips menerima dan membuka belanja online kamu demi meminimalisir paparan virus Corona berikut ini.




    1. Atur pengiriman bebas kontak

    Beberapa layanan sudah menyediakan opsi ini. Kamu bisa meminta pengirim untuk meninggalkan paket di depan pintu agar kamu tak perlu berinteraksi. Kini, banyak juga penyedia layanan yang tak lagi meminta tanda tangan saat menerima paket. Pengiriman bebas kontak ini ditujukan agar keselamatanmu dan petugas yang mengirimkan.


    (Baca Juga: Langkah Aman Pesan Makanan Online Selama Pandemi Corona)


    2. Buka paket di luar rumah

    Virus Corona bisa hidup di atas permukaan kardus dan plastik. Usahakan untuk lebih berhati-hati dengan membuka paket di luar rumah, menggunakan sarung tangan. Kamu juga bisa menyediakan tissue basah untuk membersihkan kemasan paket.


    3. Gunakan disinfektan

    Sebelum membuka, pastikan juga kamu membersihkan paket dengan menyemprotkan disinfektan, baru membawanya masuk ke rumah. Perlindungan ekstra sangat dibutuhkan di masa seperti ini.


    4. Segera buang bungkusan

    Setelah isi paket dikeluarkan, langsung singkirkan bungkusan paket. Lebih baik kalau kamu langsung membuangnya ke tempat pembuangan sampah di luar rumah. Jika tak memungkinkan, kamu bisa membuangnya di tempat sampah yang jauh dari kamarmu.


    (Baca Juga: Enggak Boros Pakai Listrik, Ini 5 Cara Berhemat Selama WFH)


    5. Cuci tangan

    Usai memegang barang-barang dari luar, segera mencuci tangan demi meminimalisir risiko. Ingat, cuci tangan selama 20 detik atau coba menyanyikan dua kali lagu Happy Birthday. Pastikan untuk tidak memegang area wajah atau barang-barang lainnya sebelum kamu mencuci tangan.


    Itulah tips menerima dan membuka belanja online kamu demi meminimalisir paparan virus Corona yang wajib kamu terapkan. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below