Langkah Aman Pesan Makanan Online Selama Pandemi Corona


  • Langkah Aman Pesan Makanan Online Selama Pandemi Corona
    Memesan makanan online selama social distancing juga perlu langkah jelas demi mengurangi paparan virus. (Foto: Dok. Adranna/Pexels)

    Pada umumnya, virus bisa bertahan selama 5 hari di permukaan kertas dan plastik, sedangkan pada aluminium, virus ini bisa bertahan selama 2-8 jam. Namun sebenernya belum ada penelitian khusus berapa lama secara spesifik Covid-19 bertahan pada medium yang sama.


    Tak ingin berspekulasi, Pemerintah pun mengimbau agar setiap masyarakat menerapkan social distancing di rumah sambil menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Disiplin untuk menjaga diri juga diperlukan saat memesan makanan secara online. Nah, kalau kamu termasuk orang yang sering memesan makanan online, kamu wajib perhatikan langkah-langkah ini:




    (Baca Juga: Tips Aman Belanja Ke Supermarket Di Tengah Pandemi Corona)

    1. Kurangi kontak langsung dengan pengantar

    Tak perlu merasa tak sopan saat mengurangi kontak langsung dengan sang pengantar makanan. Ia juga akan menghargai langkah kamu dalam situasi social distancing seperti ini. Kamu tidak tahu apa yang bisa terjadi selama pengiriman. Sang pengantar pun tidak tahu kepada siapa ia harus mengantar makanan tersebut. Meski kamu tidak bisa berkontak langsung, sebaiknya tetap ucapkan terima kasih dan berikan tips lebih untuk kerja kerasnya.


    2. Semprot bungkusan makanan dengan disinfektan

    Kamu bisa mengakali dengan cairan antiseptik yang dicampur dengan air, lalu semprotkan pada bungkusan makanan yang kamu pesan. Diamkan selama beberapa menit sebelum membukanya, atau kamu juga bisa mengeringkannya dengan tisu. Hal ini bisa jadi cara meminimalisir paparan virus Covid-19.


    3. Segera pindahkan makanan ke piring

    Usai menerima pesanan, segera pindahkan makanan ke piringmu. Langkah ini lebih aman dibanding langsung mengonsumsinya dari kemasan. Kamu pasti lebih tahu seberapa bersih piring yang ada di rumahmu, kan? Begitu juga dengan alat-alat makan seperti sendok dan garpu. Pastikan kamu menggunakan alat-alat makan milik sendiri.


    (Baca Juga: Pentingnya Social Media Distancing Selama Work From Home)


    4. Cuci tangan usai membuang kemasan

    Ini jadi langkah terpenting yang harus diingat. Jangan lupa membuang bungkus makananmu. Setelah itu, langsung cuci tangan menggunakan air dan sabun. Kamu tak perlu menggunakan hand sanitizer selama di rumah. Selain lebih hemat, ini juga mencegah kulitmu jadi kering akibat terlalu sering terpapar alkohol.


    Itulah 4 langkah penting yang bisa kamu lakukan saat memesan makanan secara online. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir potensi paparan virus Covid-19 baik pada dirimu atau anggota keluarga lain di rumah.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below