Tips Aman Belanja Ke Supermarket Di Tengah Pandemi Corona


  • Tips Aman Belanja Ke Supermarket Di Tengah Pandemi Corona
    Di tengah pandemi Covid-19, masih ada beberapa kegiatan yang tetap harus dijalankan, salah satunya belanja kebutuhan rumah. (Foto: Dok. Anna/Pexels)

    Pemerintah sudah mengimbau agar masyarakat beraktivitas di rumah. Namun, ada sejumlah kegiatan yang tetap harus dilakukan di luar rumah, salah satunya adalah belanja ke supermarket.


    Memang sih sudah tersedia banyak layanan jasa belanja online yang memudahkan. Namun, dalam situasi seperti ini, di mana semua orang menggunakan jasa tersebut, tentu ada juga sebagian dari kita yang tidak kebagian jadwal kirim sehingga terpaksa harus belanja sendiri.




    Lalu bagaimana tips aman belanja ke supermarket di tengah pandemi Corona seperti sekarang? Tak perlu panik, cukup waspada dan terapkan langkah-langkah ini:


    1. Mengenakan sarung tangan


    (Tips aman belanja saat pandemi Corona. Foto: Dok. Giphy)


    Tak ada salahnya untuk menggunakan sarung tangan karena kita tidak tahu kebersihan barang-barang di sana. Tapi, kalau kamu tak mau menggunakannya juga tak apa. Yang penting jangan lupa cuci tangan sebelum memegang wajah, apalagi makan dan memegang handphone dan dompet. Tapi ingat, kamu cukup menggunakan sarung tangan plastik, bukan surgical gloves yang terbuat dari karet karena para dokter dan tenaga medis tentu lebih membutuhkannya.


    2. Menggunakan masker baru


    (Tips aman belanja saat pandemi Corona. Foto: Dok. Giphy)

    Maksimalkan perlindungan diri dari paparan virus menggunakan masker. Kita tidak tahu siapa yang sakit dan tidak, maka ada baiknya untuk selalu berjaga-jaga.


    3. Tidak memegang wajah


    (Tips aman belanja saat pandemi Corona. Foto: Dok. Giphy)

    Pada umumnya, seseorang bisa memegang wajah sebanyak 5 kali setiap 1 jam. Tentu ini jadi gerak refleks yang tidak kita sadari. Nah, coba latih dirimu untuk mengurangi kebiasaan ini, apalagi kalau kamu belum cuci tangan. Dengan memegang wajah, ada kemungkinan virus bisa masuk ke mata, hidung, atau mulut dengan mudahnya.


    4. Mengambil barang secukupnya


    (Tips aman belanja saat pandemi Corona. Foto: Dok. Giphy)

    Kamu enggak perlu khawatir persediaan di supermarket akan habis. Kalau kamu panic buying, hal ini hanya akan menyulitkan orang-orang di sekitarmu. Buat daftar belanja yang wajar, kalau memang kamu ingin membeli persediaan, kamu bisa beli dengan jumlah sedikit lebih banyak tapi tetap wajar. Utamakan buah dan sayur yang penuh vitamin dan bergizi.


    5. Bayar dengan dompet digital


    (Tips aman belanja saat pandemi Corona. Foto: Dok. Giphy)

    Salah satu alat penyebaran virus adalah uang kertas. Kalaupun kamu mau menggunakan kartu debit atau kredit, kamu masih harus memberikan kartumu pada kasir dan memencet tombol mesin EDC. Ada baiknya untuk memilih opsi paling aman yaitu dompet digital. Sebagian besar supermarket sudah menyediakan fasilitas ini sehingga kamu tak perlu mengeluarkan dompet. Lebih aman, lebih efisien.


    6. Menjaga jarak


    (Tips aman belanja saat pandemi Corona. Foto: Dok. Giphy)

    Di situasi sekarang, mempraktikkan social distancing adalah hal terbaik, apalagi kalau kamu melihat seseorang batuk atau flu. Tapi, tetap lakukan dengan sopan, ya. Jangan justru memelototi orang tersebut. Padahal bisa saja ia hanya batuk karena ada alergi debu.


    7. Melepas alat perlindungan sesampainya di rumah


    (Tips aman belanja saat pandemi Corona. Foto: Dok. Giphy)

    Agar virus dan bakteri tidak "terbawa" ke rumah, langsung lepas masker dan sarung tangan sesampainya di rumah. Pastikan juga untuk merobek atau menggunting alat perlindungan sebelum membuangnya agar tidak disalahgunakan.


    8. Segera mandi


    (Tips aman belanja saat pandemi Corona. Foto: Dok. Giphy)

    Virus bisa menempel di tubuh, maka dari itu segera lepas pakaian yang kamu kenakan di supermarket dan mandi, cuci pakaianmu menggunakan sabun dan detergen untuk memastikan virus dan bakteri mati. Pastikan kamu benar-benar membasuh dari ujung rambut hingga ujung kaki agar virus dan bakteri bisa segera hilang.


    Itulah tips aman berbelanja ke supermarket di tengah pandemi Corona. Semoga virus ini bisa segera hilang dan kita bisa kembali belanja dengan normal, ya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below