Life & health

7 Tips Nyaman Bekerja Berjam-jam di Depan Komputer

By : Qalbinur Nawawi - 2018-07-24 17:45:00 7 Tips Nyaman Bekerja Berjam-jam di Depan Komputer


Memiliki ruang kerja di rumah sangat penting, khususnya bagi wanita pekerja. Hal itu agar bisa fokus menumpahkan pikiran dan hatinya dalam menuntaskan pekerjaan, tanpa harus terganggu saudara atau anak. 

Namun, sekadar memiliki ruang kerja khusus belum cukup. Seseorang harus mengelola tempat kerjanya, agar tetap nyaman dan bersemangat. Sehingga, berada di sana dalam hitungan jam atau bahkan seharian pun tak menjemukan.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut tujuh tips buat mengelola tempat kerja sehinga menjadi nyaman, atau bahkan bisa jadi lebih produktif. 

(Baca juga: 8 Cara Mudah Meningkatkan Karier di Tempat Kerja) 

1. Posisi layar komputer

Posisikan layar monitor sejajar dengan pandangan dan jarak yang sesuai. Serta sisakan ruang di sekitarnya untuk menyusun alat tempur kerja lainnya.

2. Sediakan tempat sampah

Meski tampak sepele, tapi semua yang ada di sekitar ruang kerja bisa jadi memengaruhi mood dalam bekerja. Salah satunya, termasuk keberadaan tempat sampah. Sebisa mungkin, pastikan tempat sampah berada tepat di samping meja kerja, sehingga tumpukan kertas yang sudah tak terpakai bisa sesegera mungkin dibuang.

3. Peralatan kerja

Di samping itu, yang tak kalah penting, adalah mengganti segera alat tulis yang sudah lewat masa fungsinya dan isi kembali sesuai dengan kebutuhan kamu. Letakkan dalam satu kotak yang mudah dijangkau.

(Baca juga: Tips Meningkatkan Karier Anda Tahun Ini)

4. Surat elektronik

Jika tidak terlalu membutuhkan hardcopy, manfaatkan email dan memo di komputer atau laptop. Apa manfaatnya? Kamu bisa mengurangi sampah kertas.

5. Sticky notes

Sediakan papan kecil untuk menempelkan sticky notes dan posisikan di tempat yang mudah terlihat, sehingga tidak perlu memenuhi layar monitor atau mengotori dinding.

6. Penghias

Jika kamu menyukai hiasan untuk memperindah meja, minimalkan barang-barang pribadi berada di atas meja agar tidak terlalu penuh dan berdebu.

7. Jadwal rutin

Sediakan jadwal khusus untuk merapikan meja minimal seminggu sekali. Semakin sering kamu bekerja, maka semakin banyak “penghuni’” yang membuatnya berantakan.

(Teks: Arifa Malik)

Life & health