Tips Meningkatkan Produktivitas Untuk Freelancer


  • Tips Meningkatkan Produktivitas Untuk Freelancer
    (Foto: Pixabay/Pexels)

    Pekerja lepas atau freelancer umumnya bekerja secara independen tak terikat kontrak dalam jangka waktu yang lama. Mereka juga biasanya tak bekerja di kantor layaknya pegawai kantoran yang harus berada di kantor mulai dari jam sembilan pagi hingga lima sore.

    (Baca juga artikel: 10 Quotes Untuk Mengembalikan Semangat Kerja)

    Menjadi seorang freelancer dapat memberikan keuntungan tersendiri karena waktu dan lokasi kerja lebih fleksibel. Namun, fleksibilitas ini juga bisa membuat Anda cenderung malas bekerja jika tak memiliki motivasi yang kuat.  Berikut adalah sejumlah tips untuk meningkatkan produktivitas untuk freelancer



    1. Pilih lokasi yang nyaman

    Cari lokasi yang nyaman untuk bekerja. Misalnya di rumah, co-working space, atau kafe. Apabila Anda sulit konsentrasi di tempat yang terlalu ramai dan berisik, maka carilah lokasi yang lebih tenang seperti perpustakaan.

    2. Beli peralatan kerja baru

    Siapa yang tak senang dengan barang baru? Bekerja dengan sesuatu yang baru tentunya akan membuat Anda lebih semangat. Tidak perlu membeli benda yang mahal. Cukup beli pena atau mouse baru dengan motif yang disukai untuk meningkatkan produktivitas.

    3. Istirahat dan cari hiburan

    Meskipun memiliki jam waktu yang fleksibel dan bisa bekerja pada akhir pekan sekalipun, bukan berarti Anda harus bekerja terus-menerus. Cari hiburan untuk meingistarahatkan otak guna memberikan hasil yang lebih baik nantinya. Tonton film terbaru di bioskop atau dengarkan lagu dari band favorit.

    4. Tentukan deadline yang masuk akal

    Optimis bisa menyelesaikan perkejaan dengan cepat boleh saja. Tapi ada baiknya untuk meninjau ulang kembali seberapa banyak dan berat pekerjaan yang harus diselesaikan. Tentukan deadline yang masuk akal agar Anda pun tak menyerah dalam mengerjakannya.

    Jangan memasang target waktu tiga hari untuk mengerjakan pekerjaan yang baru bisa selesai setelah tujuh hari apabila Anda tak ingin menjadi stress sendiri dan hilang keinginan untuk mengerjakannya. 

    5. Tidak melakukan banyak pekerjaan sekaligus

    Apabila Anda terbiasa untuk melakukan multi-tasking, lihat kembali apakah metode tersebut efisien dan membuat Anda lebih mudah menyelesaikan pekerjaan atau tidak. Jika ternyata melakukan banyak pekerjaan sekaligus justru membuat Anda lebih lama menyelesaikan suatu pekerjaan, maka ada baiknya untuk dilakukan satu-persatu saja.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below