Life & health

Hati-Hati, Ini 6 Penyakit Yang Biasa Menyerang Wanita!

By : Fariza Rahmadinna - 2020-02-05 11:00:01 Hati-Hati, Ini 6 Penyakit Yang Biasa Menyerang Wanita!

Pada dasarnya, wanita dan pria memiliki risiko yang sama terhadap suatu penyakit. Namun, adanya perbedaan fisik dan mental yang membuat beberapa penyakit lebih berisiko menyerang wanita. Selain itu, beberapa faktor seperti perbedaan hormon, tingkat stres dan gaya hidup juga dapat menjadi pemicu. Kira-kira penyakit apa saja yang sering menyerang wanita? Baca selengkapnya!


Lupus


Lupus merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh autoimun, sehingga membuat antibodi di dalam tubuh keliru menyerang sel atau organ tubuh yang sehat. Dilansir laman organisasi Lupus, penyakit ini lebih sering menyerang wanita ketimbang pria. Hal ini karena pria lebih banyak memproduksi zat protein yang membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat atau disebut gen HLA (Human Leukocyte Antigen). 


(Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Lupus)


Penyakit Menular Seksual


Penyakit ini lebih rentan menyerang wanita karena lapisan organ intim wanita cenderung lebih lembut, tipis dan sensitif dibandingkan dengan organ intim pria. Inilah yang membuat bakteri dan virus lebih mudah menyerang dan menembus masuk ke dalam vagina. Dampaknya akan muncul berbagai macam penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore dan radang pinggul di kemudian hari. Untuk itu, jagalah selalu kebersihan dan kesehatan organ intimmu ya. 


Infeksi saluran kemih


Bentuk anatomi tubuh wanita yang berhubungan dengan saluran kencing sangatlah berbeda dengan pria. Letak saluran kencing wanita sangat dekat dengan vagina dan rectum, sehingga memiliki risiko lebih tinggi terserang bakteri. Itulah mengapa, penyakit ini lebih sering menyerang wanita ketimbang pria. Selain itu, sering menahan buang air kecil juga meningkatkan risiko penyakit infeksi saluran kemih. 


Kanker Tiroid


Penyakit ini lebih sering menyerang wanita yang diakibatkan karena adanya perubahan hormon pada sistem reproduksi perempuan. Dikutip dari laman Women’s Health, masalah tiroid harus segera ditangani karena bisa memengaruhi hormon-hormon tubuh lainnya. Akibatnya, menstruasi menjadi tidak teratur dan sulit hamil.


(Baca juga :  Waspadai 9 Penyakit yang Mudah Menyerang Saat Banjir)


Eating Disorder


Eating disorder atau penyakit gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia cenderung lebih sering dialami oleh perempuan. Penyakit ini dipengaruhi oleh faktor tubuh dan lingkungan sosial yang biasanya lebih memengaruhi wanita dibandingkan dengan pria. Selain itu, faktor psikologis serta masalah dengan bentuk tubuh merupakan pemicu lain yang biasanya dialami oleh kaum wanita. Jika kamu ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, lakukan dengan cara yang sehat yaitu dengan mengatur pola makan dan olahraga. 


Depresi


Penyakit ini dipicu oleh perbedaan fisiologis tubuh wanita dengan pria, tingkat stres yang tinggi atau perubahan hormon yang cukup signifikan juga meningkatkan kemungkinan depresi pada wanita. Walau tidak menutup kemungkinan kalau pria juga dapat mengalami depresi. 


Itu dia enam penyakit yang lebih sering menyerang wanita. Mulai sekarang, terapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit-penyakit di atas. 

Life & health