Desainer Wignyo Rahadi Luncurkan Koleksi Busana Batik Jambi


  • Desainer Wignyo Rahadi Luncurkan Koleksi Busana Batik Jambi
    Designer Wignyo Rahadi luncurkan koleksi busana batik terbaru dari Jambi (Foto:Dok/Tenun Gaya)


    Mendorong penguatan ekonomi Indonesia lewat produk lokal, Desainer Wignyo Rahadi meluncurkan koleksi Batik Jambi di Candi Muaro Jambi pada, Sabtu (19/12/2020). Digelar secara virtual, acara ini juga sekaligus memperkenalkan provinsi Jambi sebagai objek wisata yang menarik untuk ditelusuri.

    Sebagai salah satu kota yang menggores sejarah batik di Nusantara, batik Jambi memiliki corak dan warna yang khas tersendiri. Adanya campuran budaya India, Cina dan Persia sekaligus cirikhas Islam dengan kaligrafinya, corak di setiap kainnya terdapat ukiran rumah adat keindahan alamnya.




    (Baca Juga: 'Issues': Modifikasi Tenun Menjadi Modern dan Edgy)



    (Dress batik Jambi rancangan Wignyo Rahadi.Foto:Dok/Tenun Gaya)


    Dari keunikan yang dimiliki provinsi yang ada di Jawa Tengah ini, beragam corak batik pun lahir dan jadi tren fashion saat ini. Di antaranya adalah Tampuk Manggis, Kapal Sanggat, Durian Pecah, Merak Ngeram, Angso Duo, Kuao Berhias, Riang-riang, Batanghari, Bungo Kaco Piring, Daun Keladi, Cendawan, Bunga Melati, Bunga Kopi, Kepak Lepas, Bungo Pauh, Keris Siginjai, dan Bungo Duren. Masing-masing dari motifnya pun didominasi warna gelap seperti merah kecokelatan, kuning kemerahan, dan biru hasil pewarnaan alami yang memanfaatkan tumbuh-tumbuhan seperti kayu sepang, ramelang, lambato, dan nilo. 

    Mempertimbangkan besarnya potensi usaha produk fashion dan pariwisata di Provinsi Jambi tersebut, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Jambi bersinergi dengan Fashion Designer Wignyo Rahadi menggelar peragaan busana virtual dengan menggunakan kain Batik Jambi di destinasi pariwisata Candi Muaro Jambi yang ditayangkan pada acara Webinar Wastra dan Kopi Jambi untuk Dunia.


    (Baca Juga: Tips Tampil Stylish Saat Mengenakan Batik)


    Material Batik Jambi buatan Rumah Batik Azimah dan Batik Jambi Maryana yang merupakan binaan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Jambi dikreasikan oleh Designer Wignyo dengan beragam koleksi busana. Adalah varian dress, rok dan celana panjang yang dipadu cape dan outer dengan menonjolkan keindahan motif Batik Jambi, serta aksentuasi layer dan ornamen obi untuk menciptakan kesan dinamis. Elemen lain yang menjadi karakter rancangan Desainer Wignyo adalah material Batik Jambi tersebut diselaraskan dengan tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) yang menciptakan tampilan akhir yang berbeda.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below