Tips Tampil Stylish Saat Mengenakan Batik


  • Tips Tampil Stylish Saat Mengenakan Batik
    Motif batik dan model pakaian yang makin beragam dapat membuat pemakainya terlihat stylish. (Foto: Dok. Instagram/populobatik)

    Batik menjadi motif yang awalnya dipilih hanya saat menghadiri acara resmi. Namun, ternyata batik cocok untuk dikenakan dalam berbagai situasi asalkan kamu bisa mix and match dan membuatnya terlihat modern. Untuk menyambut Hari Batik Nasional, berikut her world telah merangkum beberapa tips supaya kamu tetap tampil stylish saat mengenakan batik.


    (Baca Juga: Rekomendasi 5 Brand Batik Untuk Menambah Koleksimu)




    Pilih warna cerah


    Umumnya, batik yang kita lihat dan kenakan berwarna cokelat, hitam, dan putih. Namun, warna tersebut justru membuat pemakainya terlihat lebih tua. Kamu bisa memilih warna-warna cerah, seperti kuning, hijau, merah, atau pastel agar lebih percaya diri dan modis.




    Pilih motif tertentu


    Batik memiliki berbagai motif yang dapat memberikan kesan berbeda. Jika kamu hendak menghadiri acara formal dan memberikan kesan elegan, kenakan batik dengan motif sogan. Sementara untuk kesan modern, kamu dapat mengenakan motif batik garutan yang ramai dan sederhana. Bahkan, untuk mengikuti tren terkini, kamu dapat mencoba teknik ikat celup.




    Gunakan model baju sesuai tren


    Selain kemeja, pilih model baju yang dapat dikenakan secara kasual dan dengan desain yang sesuai tren. Misalnya, kamu dapat mengenakan blazer, long vest, handkerchief blouse, ruffle blouse, balloon sleeve, jumpsuit, hingga Shanghai neck. Padukan atasan tersebut dengan celana jeans untuk meninggalkan kesan santai. Jika ingin mengenakannya sebagai rok atau culotte, Anda dapat mengenakan pakaian berwarna polos agar tidak tampak berlebihan.



    (Baca Juga: 7 Corak Batik khas Indonesia yang Mencuri Perhatian)


    Gunakan aksesori


    Motif batik menampilkan kesan ramai dalam tampilan pemakainya. Oleh karena itu, perhatikan aksesori yang akan dipilih. Misalnya, gunakan belt berukuran kecil tanpa motif atau kalung tanpa aksen berlebihan.




    Nah, berdasarkan tips di atas, apakah kamu akan tampil lebih percaya diri saat mengenakan batik?


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below