Food & travel

5 Hal Baru Dari Jakarta Aquarium & Safari Untuk Tahun 2021

By : Hafizah Rana Dalilah - 2020-12-26 21:00:00 5 Hal Baru Dari Jakarta Aquarium & Safari Untuk Tahun 2021


Menyambut pergantian tahun yang tinggal menghitung hari, banyak kejutan yang tengah dipersiapkan untuk memeriahkannya. Salah satunya datang dari Jakarta Aquarium & Safari, lembaga konservasi bagian dari Taman Safari Indonesia Group. Apa saja?


(Baca Juga: 7 Rekomendasi Hadiah Untuk Orang Tercinta Di Tahun Baru)


1. Nama baru

Jakarta Aquarium mengubah, atau tepatnya menambah namanya menjadi Jakarta Aquarium & Safari, atau disingkat menjadi JAQS. "Ini untuk menegaskan bahwa Jakarta Aquarium & Safari atau JAQS merupakan tempat wisata aman dan nyaman yang tidak melulu satwa akuatik, karena nyatanya ada lebih dari 3000 jenis satwa akuatik dan non-akuatik di sini. Selain itu menggambarkan tempat wisata di tengah kota Jakarta, di dalam mall, yang gampang dicapai secara jarak, tapi mendapat banyak pengalaman seru di dalamnya," kata Fira Basuki, Head of Social, Branding, and Communication.

Nama Jakarta Aquarium & Safari juga menegaskan bahwa lembaga konservasi ini merupakan bagian dari Taman Safari Group Indonesia yang sudah dikenal masyarakat. Perubahan nama diikuti dengan perubahan logo, yang tadinya berlogo hanya Ikan Hiu, kini di logo ikan hiu ditambahkan satwa lain, yaitu Penyu dan Serval sebagai simbol 'safari' di tengah kota, juga tak hanya ada ikan, akuatik satwa, namun juga banyak satwa lain, non-akuatik. Jumlah total satwa lebih dari 3500 species satwa. Nama baru, hashtag #JAQS pun sesuai dengan tagline #MagicOfTheLivingPlanet. 


2. Pohon Natal dan Santa bawah air, serta penyanyi di aquarium pertama

Cuma di Jakarta Aquarium & Safari Anda bisa melihat dan selfie di depan akuarium indoor terbesar di Indonesia dengan latar belakang Christmas Tree atau Pohon Natal bawah air. Bukan sekadar Pohon Natal, tapi juga Pohon Natal daur ulang yang terdiri dari rangkaian pipa PVC. "Jakarta Aquarium Safari peduli akan satwa dan lingkungan. Kami memastikan apa yang masuk bawah air harus aman dan nyaman untuk para satwa akuatik, tetapi juga tidak merusak lingkungan. Tahun sebelumnya kami membuat Pohon Natal dari botol gelas, kali ini kami memilih limbah pipa dan lembar PVC yang dirangkai menjadi Pohon Natal yang tidak biasa ini," jelas Fira.

Untuk melengkapi Pohon Natal daur ulang ini, akan ada Santa under water, yaitu deretan puteri duyung, atau para free divers yang bisa menyelam di dalam air tanpa perlengkapan selama kurang lebih 5 menit tanpa alat (orang biasa normal biasanya hanya berkisar rata-rata 15 detik saja). Para puteri duyung cantik ini akan memakai topi Santa dan kostum Santa serta berenang dan menari di dalam air menghibur para pengunjung di luar jadwal pertunjukkan biasa Pearl of The South Sea, opera yang menggabungkan aksi panggung dan bawah air.

Keseruan lain adalah tampilnya beberapa penyanyi selama akhir tahun dengan latar belakang akuarium utama. Salah satu penyanyi, Josh Kunze berujar antusias, “Menurut saya akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk rebranding. Saya suka nama Jakarta Aquarium & Safari yang terdengar seru dengan petualangan yang beragam. Saya senang sekali bisa nyanyi di sini dan ikut menyuarakam spirit harapan, sebagai tempat rekreasi yang aman dan nyaman untuk masyarakat di lembaga konservasi ini!”


(Baca Juga: Deretan Negara yang Rayakan Tahun Baru Paling Meriah)


3. Bell tunnel

Tahun 2020 bukanlah tahun yang mudah bagi kita semua. Selamat melewati tahun ini, selayaknya kita syukuri. Tak lupa, kita selipkan harapan dan doa pada Tuhan. Idenya adalah, pergi ke dalam tunnel atau lorong di dalam Jakarta Aquarium & Safari seraya membaca doa atau bersyukur atas Tahun 2020 ini sambil membunyikan lonceng yang bergantungan di sana. "Dengan membunyikan lonceng di lorong yang bergema, diharapkan para pengunjung JAQS bisa positif menghadapi tahun 2021 nanti, serta menularkan rasa positif itu ke orang lain." 

Jangan lupa, spot ini dicanangkan menjadi spot selfie atau swa-foto favorit selain Swirl Tank (aquarium permanen 360 derajat) yang sudah menjadi popular sebelumnya. Bahkan menjadi favorit selebram dan YouTuber Atta Halilintar yang datang bersama Aurelie Hermansyah ke JAQS baru-baru ini. "Saya ingin sekali punya aquarium seperti ini! Ini bagus sekali!" kata Atta.


4. Rumah miring

Selain menikmati safari bersama satwa akuatik dan nonakuatik, terdapat juga atraksi dan hal seru lain, contohnya adalah wahana Rumah Miring. Pengunjung bisa menjelajahi ruangan seperti labirin yang naik turun tak beraturan dan dipenuhi cermin sehingga bisa 'menipu'. Hati-hati untuk kembali ke titik awal atau tersesat. Seru! "Atraksi ini khusus dibuat untuk menyambut akhir tahun agar pengunjung bisa menikmati lebih banyak hal di Jakarta Aquarium & Safari," kata Fira.


5. Private dinner romantis bersama Hiu

Cuma di JAQS makan malam berdua pasangan menjadi lebih romantis dan tidak ada duanya, karena berlatar belakang satwa akuatik di akuarium terbesar indoor di Indonesia. Dengan pemandangan 'live' kura-kura, ikan pari, hingga hiu, makan malam berdua dan berfoto bersama pasangan menjadi momen tak terlupakan.

Sebelumnya, konsep makan malam romantis bersama pasangan ini telah dicoba oleh beberapa pasangan muda selebriti, Atta Halilintar dan Aurelie Hermansyah serta Dinda Hauw dan Rey Mbayang. Untuk info lebih lanjut hubungi/WA di 0819 3230 4651.

Tentunya liburan akhir tahun harus selalu menjaga protokol kesehatan. "Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) menjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Seluruh karyawan dipastikan negatif Covid-19 setelah tes swab. Dan kami melakukan tes secara rutin. Untuk tetap higienis, seluruh area kami desinfektan, tersedia wastafel dan hand-sanitizer di banyak titik di lokasi, dan tentunya kami sangat ketat dalam penjagaan jarak pengunjung. Kami memastikan pengunjung datang dalam keadaan fit dan sehat, sudah dicek suhu badannya, selalu memakai masker, dan tangan mereka pun selalu bersih. Keamanan, kesehatan, dan kenyamanan pengunjung adalah priorias kami," ujar Fira.

Jam buka Jakarta Aquarium & Safari mengikuti mall Neo Soho (sebelah Central Park Mall), Jakarta Barat, selama akhir tahun adalah Senin-Jumat pukul 11.00 WIB- 21.00 WIB. Sabtu dan Minggu, 10.00 WIB- 21.00 WIB. Kecuali tanggal 24-27 Desember 2020 pukul 10.00-19.00 WIB Senin hingga Minggu. Tiket dimulai dari Rp. 150.000,-.

Food & travel