Hair & beauty

Sociolla Rangkum Tren Makeup 2015-2020 Untuk Jadi Inspirasi

By : Rahmi Davita - 2020-12-24 12:00:02 Sociolla Rangkum Tren Makeup 2015-2020 Untuk Jadi Inspirasi

Memasuki akhir tahun 2020, Social Bella sebagai salah satu perusahaan beauty-tech terdepan membagikan sejumlah tren makeup paling populer yang banyak digandrungi oleh para beauty enthusiast dari masa ke masa selama kurun waktu lima tahun terhitung sejak kehadiran Sociolla di Indonesia.


Perjalanan tren makeup ini sekaligus menggambarkan perjalanan Social Bella dalam menghadirkan produk kecantikan dan perawatan diri terbaik bagi pada beauty enthusiast sejak berdiri lima tahun lalu. Tren makeup ini juga bisa menjadi inspirasi bagi kamu agar tetap cantik dan glowing selama liburan akhir tahun. 


(Baca Juga: Tren Kecantikan Yang Bisa Ditemui Di TikTok)


Dalam merangkum perjalanan tren makeup ini, Social Bella merangkum data dari keseluruhan ekosistem kecantikan yang dimilikinya termasuk pada platform belanja Sociolla.com, platform ulasan SO.CO, serta distribusi produk kecantikan melalui brand development


Co-Founder dan CMO Social Bella Chrisanti Indiana mengungkapkan, “Ekosistem kecantikan Social Bella yang komprehensif dan terintegrasi mendukung kami untuk selalu menjadi yang pertama dalam mengetahui tren-tren makeup yang menjadi favorit para beauty enthusiast di Indonesia.


Bersama Make Up Director kami, Archangela Chelsea kami juga telah mengidentifikasi makeup yang digemari oleh beauty enthusiast dari masa ke masa. Berangkat dari pengetahuan tentang tren makeup tersebut, kami mampu untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk serta layanan kami sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan setia Sociolla.” 


Sementara itu, Make Up Director Social Bella Archangela Chelsea mengungkapkan “Pergerakan tren makeup selama lima tahun terakhir begitu variatif dan menyentuh hampir keseluruhan bagian wajah. Uniknya dalam pergerakan tren ini, gaya make up perempuan Amerika dan Asia, terutama Korea Selatan dan Jepang memiliki porsi yang sama besar dalam memengaruhi tren.


Ini termasuk pada style look, warna-warna populer untuk lipstik dan eyeshadow, serta tren makeup yang mengarah pada kesan lebih natural. Sedangkan di tahun 2021, tren makeup akan mengarah kepada tampilan minimalis dengan mengombinasikan fungsi hidrasi dan pelembab melalui tren yang disebut cream skin. ” 


Tren Makeup 2015-2020

Berikut tren makeup dari lima tahun terakhir yang masih relevan dan bisa menjadi inspirasi untuk liburan kali ini:


2015

Menjadi tahun bersejarah untuk Kylie Jenner dimana ciri khas makeup-nya menjadi populer, dengan tampilan bibir penuh, riasan nude, dan lipstik berwarna ungu muda serta penggunaan banyak concealer dan bedak di area bawah mata. Selain itu, CC cream mulai banyak menjadi alternatif pilihan dalam menampilkan kesan natural. 

(Gaya makeup Kylie pun tak banyak berubah sampai sekarang. Foto: Dok. @kyliejenner/Instagram)



2016

adalah awal cushion menjadi idola bagi beauty enthusiast tanah air. Praktis dengan hasil tampilan sempurna menjadi keunggulan utama yang ditonjolkan oleh tren yang dipopulerkan drama Korea ini. Selain itu, tren makeup mulai mengarah ke tampilan yang lebih natural dengan menitikberatkan pada kesan no make up namun segar. 

(Laneige menjadi brand pelopor cushion makeup asal Korea Selatan yang terus berinovasi hingga saat ini. Foto: Dok. @laneigeid/Instagram)



2017

Tren makeup glass skin dan dewy look jadi dua tren yang paling populer. Beauty enthusiast juga mulai memilih eyelash extension untuk memberikan kesan bulu mata lebih lentik dan lebat tanpa penggunaan bulu mata palsu. Tren tampilan makeup natural pun semakin digemari dengan penggunaan warna natural untuk eyeshadow dan tint lipstick yang dipadukan dengan lip gloss

(Ombre lips atau blurred lips masih menjadi favorit dari waktu ke waktu. Foto: Dok. @sobong_official)


(Baca Juga: Mengulik 10 Tren Kecantikan Korea Tahun Ini)


2018

Ditandai dengan tren riasan mata dengan glitter dan penggunaan warna lembut seperti rosy dan coral. Kesan feminin sekaligus glamor menjadi dua hal yang ditonjolkan dalam tren makeup di tahun ini, semakin dilengkapi dengan penggunaan warna-warna cerah untuk lipstik. 

(Nuansa coral dan sun-kissed tampak memesona untuk berbagai kesempatan. Foto: Dok. @sarahayuh_/Instagram)



2019

Menjadi tahun yang menandai segala sesuatu yang berkaitan dengan gold contour, mulai dari metallic make up, freckless makeup, sampai dengan penggunaan warna eyeshadow ungu menjadi populer. Di tahun ini, tren makeup juga banyak dipengaruhi oleh negeri sakura melalui kehadiran berbagai warna foundation yang disesuaikan dengan warna kulit perempuan Asia, salah satunya dengan menambahkan pilihan warna yang lebih gelap. 

(Fenty Beauty menjadi brand yang terkenal akan inklusivitasnya. Foto: Dok. @fentybeauty/Instagram)



2020

di tahun ini dengan adanya pandemi, beauty enthusiast lebih banyak menghabiskan aktivitas di dalam rumah. Dengan penggunaan masker selama bepergian ke luar, tren makeup pun bergeser dengan lebih menonjolkan riasan di area mata. Pengaplikasian foxy eyes makeup dan floating eyeliner menjadi dua tren yang paling digemari oleh beauty enthusiast. Selain itu, pemilihan formula makeup juga lebih mengarah pada produk yang transfer-proof untuk tampilan makeup yang lebih tahan lama. 


(Karena harus menggunakan masker, makeup yang transfer-proof dan nonkomedogenik menjadi pilihan utama. Foto: Dok. @tynakannamirdad/Instagram)

Hair & beauty