Peralatan Berkebun Wajib Punya Di Rumah


  • Peralatan Berkebun Wajib Punya Di Rumah
    Intip daftar peralatan wajib dimiliki untuk berkebun. (Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Berkebun jadi hal baru bagi kita yang tinggal di perkotaan. Namun akhir-akhir ini, lahan yang terbatas tak lagi jadi halangan untuk mulai berkebun. Bahkan, sejak awal pandemi hingga kini, berkebun masih jadi salah satu kegiatan yang paling diminati banyak orang.


    Nyatanya, bukan hanya jadi kegiatan pengisi waktu luang yang seru, berkebun pun bisa meningkatkan kualitas udara di rumah, menjaga kesehatan mental, kesehatan otot dan sendi, hingga bisa menghasilkan sumber pangan sendiri. Menarik sekali, bukan? Nah, bagi kamu yang baru ingin memulai berkebun, ada beberapa alat yang harus diperhatikan. Inilah peralatan berkebun wajib punya di rumah.




    1. Cangkul untuk menggali

    Kalau kamu punya lahan kosong dan ingin memanfaatkannya untuk berkebun, tentu kamu akan memerlukan cangkul. Alat berkebun ini ditujukan untuk menggali tanah agar bisa digemburkan, lalu kamu bisa menanam tumbuhan di sana.


    (Baca Juga: Rasakan 6 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan)


    2. Sekop untuk mengeruk


    (Foto: Dok. Lisa/Pexels)

    Bukan hanya cangkul, kamu membutuhkan sekop kecil untuk mengeruk tanah dalam skala kecil. Sekop ini juga bisa digunakan untuk mengeruk tanah dan memindahkannya ke dalam pot yang ingin kamu gunakan. Bisa juga untuk membuat lubang kecil sebagai tempat benih atau tanaman yang hendak diletakkan.


    3. Gunting tanaman

    Salah satu barang wajib punya saat kamu ingin berkebun di rumah. Umumnya, gunting tanaman ditujukan untuk merapikan tanaman atau saat kamu ingin melakukan metode stek. Metode ini bertujuan untuk memperbanyak tanaman menggunakan potongan tubuh tanaman seperti akar, daun, dan batang.


    (Baca Juga: 5 Tanaman Hias Termahan Tahun 2020)


    4. Teko untuk menyiram


    Tidak semua tanaman memerlukan aliran air yang kencang. Beberapa tanaman justru lebih menyukai aliran air seperti rintikan hujan. Inilah kenapa kamu membutuhkan teko untuk menyiram tanaman.

    Selain itu, moncongnya yang panjang juga akan lebih memudahkanmu saat hendak menyiram, apalagi kalau harus menjangkau ke area-area yang sulit.


    5. Pot tanaman


    (Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Jika kamu tak memiliki lahan yang cukup luas alias terbatas, kamu bisa menggunakan pot untuk berkebun. Dengan pot, kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman dan meletakkannya secara vertikal menggunakan rak atau menggantungnya. Sekarang ini semakin banyak pot-pot tanaman yang unik dan tak biasa. Selain jadi "tempat" yang aman untuk tumbuhanmu, pot-pot cantik ini juga bisa jadi spot foto yang menarik.


    6. Selang air

    Jika kamu punya lahan yang lebih luas, daripada repot menggunakan teko kecil, kamu bisa langsung menggunakan selang air untuk mengairi tanaman-tanamanmu. Pilih ukuran selang yang sesuai dengan luas lahan sehingga bisa dengan mudah menjangkau semua area kebun.


    (Baca Juga: 7 Cara Merawat Tanaman Monstera)


    7. Tanda pengenal tanaman

    Mungkin kamu tidak bisa mengingat semua jenis tanaman yang kamu miliki. Maka, ada baiknya kamu menyiapkan tanda pengenal atau papan nama yang bisa ditempelkan di pot atau dinding halamanmu. Dengan menandai tanaman-tanaman itu, kamu bisa lebih mengingat nama-nama dan variannya. Dengan begitu, kamu juga bisa memperdalam pengetahuanmu soal tumbuhan.


    Itulah peralatan berkebun wajib punya di rumah. Berkebun memang jadi salah satu kegiatan paling menyenangkan untuk dilakukan. Namun sebagai pemula, pastikan kamu memilih tanaman yang cukup mudah untuk diurus. Dengan memilih tanaman yang tepat, kamu bisa memberikan perlakuan yang tepat pula, sehingga semakin banyak tumbuhan yang bisa hidup subur di kebunmu. Selamat mencoba, ya!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below