Rasakan 6 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan


  • Rasakan 6 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan
    (Foto: ESB Professional/Shutterstock/Clickphotos)

    Saat ini, tren bercocok tanam ataupun berkebun sudah kembali lagi. Ahli kesehatan juga mengungkapkan bahwa berkebun baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaatnya?

     

    Meredakan stres



    Berkebun dapat membantu Anda lebih rileks karena berhadapan langsung dengan udara segar dan sinar matahari yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan produktivitas,

     

    Aktivitas fisik

    Keuntungan dari berkebun adalah menggantikan kegiatan olahraga secara menyeluruh. Kegiatan seperti memotong rumput, memangkas tanaman, merapikan pot, menanam, memberikan pupuk, serta menyiram tanaman setara dengan olahraga di gym.

     

    Cenderung mengonsumsi makanan sehat

    Seseorang yang berkebun berpeluang lebih besar mengonsumi makanan sehat daripada yang tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang berkebun lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran ketimbang orang disekitarnya.

     

    Meningkatkan nutrisi pada otak

    Salah satu kehebatan dari berkebun adalah dapat mengurangi risiko demensia, karena begitu banyak hal yang dilakukan untuk mengolah otak mulai dari belajar, menyelesaikan masalah, dan melatih daya sensorik.

     

    Menambah kekuatan dan kecekatan tangan

    Begitu banyak kegiatan olah tangan yang dilakukan saat berkebun dan berfungsi memperkuat otot-otot tangan. Namun, sangat disarankan agar Anda melakukan beberapa gerakan peregangan untuk melemaskan otot sebelum berkebun.

     

    Sumber vitamin D

    Seperti yang diketahui, aktivitas outdoor memberikan peluang yang besar sinar matahari menghangatkan tubuh Anda. Manfaatnya? Vitamin D meresap langsung ke dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung, osteoporosis, serta kanker.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below