Ketahui Penyebab Kulit Kering Bisa Berjerawat


  • Ketahui Penyebab Kulit Kering Bisa Berjerawat
    berikut penyebab kulit kering bisa berjerawat (Foto:Dok.Polina/Pexels)

    Pada umumnya, jerawat kerap muncul pada kulit yang cenderung berminyak. Sebum yang berlebih, buatnya berkembang dengan cepat dipermukaan kulit. 

    Namun bukan berarti pemilik kulit kering akan terbebas dari jerawat. Pada dasarnya masalah kulit yang satu ini bisa muncul pada kulit yang terkena bakteri dan adanya penyumbatan pada pori-pori. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut penyebab kulit kering bisa berjerawat.




    (Baca Juga: Urutan Skincare Malam Hari Untuk Kulit Berjerawat)


    1. Penyumbatan folikel rambut

    Kulit mengandung banyak folikel rambut tempat tumbuhnya rambut. Dan salah satu penyebab munculnya Jerawat adalah adanya penyumbatan di bagian itu.

    Kelenjar kecil di dekat permukaan kulit menghasilkan sebum, minyak yang bekerja mencegah kulit mengering. Mereka bisa menghasilkan terlalu banyak sebum, yang menghalangi folikel rambut. 

    Ketika folikel rambut tersumbat, mereka membentuk benjolan di kulit. Di antaranya adalah komedo. Tak hanya itu bakteri juga bisa membangun dan memperburuk gejalanya


    2. Sebum berlebih di bawah kulit 

    Mengutip laman Healthline, ketika kulit kekurangan kelembapan, kulit menjadi kering dan bersisik. Untuk mengatasi kekeringan, kelenjar di bawah kulit mungkin memproduksi lebih banyak sebum. Sebum berlebih dan kulit mati bisa menumpuk dan menyebabkan jerawat. Oleh sebabnya, kulit kering bisa mengalami jerawat.


    3. Kulit sensitif

    Rutinitas perawatan kulit yang teratur adalah salah satu pertahanan terbaik untuk melawan jerawat dan kulit kering. Tetapi jika kamu memiliki kulit sensitif, ada baiknya untuk memilih produk perawatan kulit dengan hati-hati.

    Kulit sensitif lebih cenderung bereaksi negatif terhadap produk perawatan kulit yang keras. Alih-alih menghilangkan jerawat, justru bisa memicu timbulnya jerawat. Bahkan buruknya membuat kulit jadi iritasi.


    (Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Wajah Kering yang Perlu Kamu Ketahui)


    Cobalah hindari produk berbahan dasar keras termasuk losion berbahan dasar minyak, pelembab, dan tabir surya. Mereka dapat meninggalkan residu yang menyumbat pori-pori. Temukan produk nonkomedogenik bebas minyak. Ini berlaku untuk siapa saja yang berjerawat.

    Ketahuilah bahwa produk yang mengandung alkohol, pewarna, dan pewangi dapat menyebabkan iritasi bagi sebagian orang.


    Itulah penyebab kulit kering bisa berjerawat. Rawatlah kulitmu secara maksimal setiap hari. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below