Jangan Anggap Remeh, Kenali 5 Cara Mencegah Lordosis


  • Jangan Anggap Remeh, Kenali 5 Cara Mencegah Lordosis
    Kelainan tulang belakang dipengaruhi oleh postur tubuh. (Foto: Dok. Lordosis/freepik)

    Lordosis atau kelainan tulang belakang di bagian bawah merupakan salah satu kelainan tulang yang sering terjadi. Kelainan tulang belakang ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak bayi, anak-anak, remaja, bahkan hingga lansia. Melansir dari Healthline, salah satu fungsi utama tulang belakang adalah untuk mempertahankan stabilitas dan struktur tubuh manusia. 


    Meskipun terdapat banyak cara untuk mengatasi kelainan itu, tapi belum tentu pengobatan itu berhasil dan mendapatkan efek yang sama pada tubuh manusia, terutama pada usia lansia yang menderita osteoporosis (pengeroposan tulang). Langkah utama yang dapat dilakukan untuk mencegah lordosis adalah memosisikan postur tubuh yang benar. Nah, Her World merangkum tips sederhana lainnya agar kamu terhindar dari lordosis. Semoga membantu, ya




    1. Melakukan peregangan ringan jika duduk terlalu lama

    Bagi kamu yang kini bekerja dari rumah selama masa karantina, melakukan peregangan tubuh merupakan hal utama yang harus dilakukan. Pasalnya, bekerja dari rumah membuat tubuh lebih sedikit bergerak dibandingkan bekerja di kantor. Duduk di sofa atau tempat tidur merupakan tempat paling nyaman untuk melakukan aktivitas depan layar. Namun, jika itu dilakukan secara terus menerus, otot tulang belakang kamu bisa jadi kaku karena terlalu banyak duduk, lho! 


    Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan peregangan ringan di sela-sela waktu kerja. Selain melemaskan otot-otot yang kaku, peregangan dapat memperlancar aliran darah karena adanya distribusi oksigen dan nutrisi ke otak. 


    2. Atur pola makan agar memiliki berat badan ideal 

    Salah satu penyebab manusia terkena lordosis adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Hal tersebut terjadi karena postur tubuh memengaruhi tekanan yang berlebih pada tulang belakang. Jadi, jangan lupa dijaga porsi makannya, ya


    (Baca Juga: 5 Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara)


    3. Gunakan bantal atau handuk gulung untuk menopang punggung bawah saat duduk 

    Saat duduk, gunakan bantal, handuk gulung, atau apapun benda empuk yang dapat menopang tulang belakang kamu agar tidak tertekan berlebihan. Jika otot tulang belakang terlalu lama diberi beban, otomatis otot-otot tersebut akan melemah dan tidak mendukung fungsi tulang dengan baik. Di samping itu, melemahnya otot-otot pada beberapa bagian tubuh dapat menyebabkan punggung terasa sakit saat posisi duduk. 




    4. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi 

    Umumnya, bagian tulang belakang manusia memiliki lengkungan yang terbentuk secara alami. Lengkungan tersebut berfungsi untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman bergerak. Namun, saat kamu menggunakan sepatu hak tinggi, lengkungan punggung bagian bawah akan menjadi berlebihan yang dapat menyebabkan pergeseran tulang.


    Selain itu, dengan menggunakan sepatu hak tinggi, tubuh kamu akan lebih banyak menopang beban hampir dua kali lipat sehingga otot-otot tubuh bekerja di luar kendali maksimalnya. 


    5. Lakukan olahraga secara berkala 

    Selain untuk meningkatkan kesehatan jantung, melakukan olahraga rutin setiap hari dapat mengurangi risiko mengidap lordosis. Otot-otot dalam tubuh akan menjadi rileks jika digerakkan setiap saat. Memiliki otot yang rileks membuat badan kamu lebih ringan dan nyaman beraktivitas.


    (Baca Juga: Selain untuk Diet, Ini Manfaat Lain Skipping untuk Tubuh)


    Jadi, tips di atas mudah dilakukan, kan? Jangan lupa, ya, lebih baik mencegah daripada mengobati! 



    (Penulis: Nathasya Elvira)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below