Life & health

Ciri-Ciri Khas Gejala Diabetes Pada Wanita

By : Her World Indonesia - 2020-11-30 15:00:01 Ciri-Ciri Khas Gejala Diabetes Pada Wanita

Penyakit diabetes dapat terjadi pada siapapun. Meskipun ada tipe diabetes yang diturunkan secara genetis, pola hidup yang tidak sehat dapat membuat seseorang mengidap penyakit tersebut. Pada wanita, diabetes dapat menimbulkan efek negatif seperti kemandulan. Maka itu, sangat penting untuk mengenali gejala penyakit ini. Berikut adalah ciri-ciri gejala diabetes pada wanita. 


(Baca Juga: Cara Bernyanyi Agar Tenggorokan Tidak Sakit)


1. Infeksi jamur pada vagina

Kada gula yang tinggi pada wanita dapat memicu pertumbuhan jamur Candida albicans yang menyebabkan infeksi pada vagina. Penderita akan merasakan gatal dan perih pada area vagina, mengalami keputihan, dan sakit saat melakukan hubungan seksual.


2. Infeksi saluran kemih  

Wanita yang mengalami infeksi saluran kemih biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu karena hiperglikema atau tingginya kadar gula dalam tubuh. Seseorang yang mengalami infeksi ini akan merasa nyeri saat buang air kecil, rasa terbakar atau panas saat buang air kecil, dan mengeluarkan urine yang bercampur darah atau berwarana gelap dan keruh.


3. Disfungsi seksual 

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf sehingga penderitanya sering mengalami kesemutan dan mati rasa pada kaki dan tangannya. Kondisi ini juga dapat terjadi pada vagina penderita diabetes. Hal ini membuat hasrat seksual wanita tersebut akan menurun. 


4. Polycystic Ovary Syndrom (PCOS)

PCOS terjadi saat seorang wanita memproduksi lebih banyak hormon pria daripada seharusnya. hormon pria tersebut diproduksi karena adanya resistensi insulin yang membuat kadar gula menjadi tinggi. PCOS dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus menstruasi hingga kemandulan. 


(Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Ini 6 Dampak Negatif Begadang)


Itu dia ciri-ciri khas gejala diabetes pada wanita. Pastikan kamu tidak mengalaminya, ya!


(Penulis: Regina Yohana)

Life & health