Ciri-Ciri Khas Gejala Diabetes Pada Wanita


  • Ciri-Ciri Khas Gejala Diabetes Pada Wanita
    Ada baiknya jika kamu periksa gula darah secara berskala untuk mencegah diabetes. (Foto: Dok. Pixabay)

    Penyakit diabetes dapat terjadi pada siapapun. Meskipun ada tipe diabetes yang diturunkan secara genetis, pola hidup yang tidak sehat dapat membuat seseorang mengidap penyakit tersebut. Pada wanita, diabetes dapat menimbulkan efek negatif seperti kemandulan. Maka itu, sangat penting untuk mengenali gejala penyakit ini. Berikut adalah ciri-ciri gejala diabetes pada wanita. 


    (Baca Juga: Cara Bernyanyi Agar Tenggorokan Tidak Sakit)




    1. Infeksi jamur pada vagina

    Kada gula yang tinggi pada wanita dapat memicu pertumbuhan jamur Candida albicans yang menyebabkan infeksi pada vagina. Penderita akan merasakan gatal dan perih pada area vagina, mengalami keputihan, dan sakit saat melakukan hubungan seksual.


    2. Infeksi saluran kemih  

    Wanita yang mengalami infeksi saluran kemih biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu karena hiperglikema atau tingginya kadar gula dalam tubuh. Seseorang yang mengalami infeksi ini akan merasa nyeri saat buang air kecil, rasa terbakar atau panas saat buang air kecil, dan mengeluarkan urine yang bercampur darah atau berwarana gelap dan keruh.


    3. Disfungsi seksual 

    Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf sehingga penderitanya sering mengalami kesemutan dan mati rasa pada kaki dan tangannya. Kondisi ini juga dapat terjadi pada vagina penderita diabetes. Hal ini membuat hasrat seksual wanita tersebut akan menurun. 


    4. Polycystic Ovary Syndrom (PCOS)

    PCOS terjadi saat seorang wanita memproduksi lebih banyak hormon pria daripada seharusnya. hormon pria tersebut diproduksi karena adanya resistensi insulin yang membuat kadar gula menjadi tinggi. PCOS dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus menstruasi hingga kemandulan. 


    (Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Ini 6 Dampak Negatif Begadang)


    Itu dia ciri-ciri khas gejala diabetes pada wanita. Pastikan kamu tidak mengalaminya, ya!


    (Penulis: Regina Yohana)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below