Cara Bernyanyi Agar Tenggorokan Tidak Sakit


  • Cara Bernyanyi Agar Tenggorokan Tidak Sakit
    Ketahui cara bernyanyi berikut agar tenggorokan tidak sakit. (Foto: Dok. cottonbro/Pexels)

    Bernyanyi jadi salah satu cara terbaik untuk melepas stres. Tapi, karena keseriusanmu bernyanyi, tak jarang tenggorokan pun terasa sakit sesudahnya. Meski ini adalah hal yang wajar terjadi, namun kamu juga enggak boleh menyepelekannya. Begini cara bernyanyi agar tenggorokan tidak sakit.




    Cari referensi penyanyi bersuara sama

    Kamu bisa meniru penyanyi lain untuk mempelajari dasar-dasar dalam bernyanyi secara cepat. Dengarkan lagu yang memiliki gaya yang sama dengan bentuk suaramu. Lakukan ini sambil melatih suaramu sendiri. Kamu bisa mencoba berbagai gaya demi menemukan tipe yang sesuai dan cocok dengan warna suaramu. 

    Jika kamu ingin mencoba teknik lain yang lebih sulit juga bisa saja, namun untuk saat ini sebaiknya fokuskan pada cara mengeluarkan suara dasar dan baru lakukan penyesuaian sesuai keinginan di tahap berikutnya.


    (Baca Juga: Ketahui Dampak Duduk Terlalu Lama Yang Mengganggu Kesehatan)


    Mengonsumsi minuman hangat

    Kurangi efek negatif dari tenggorokan kering dengan memberikan kelembapan. Pilih minuman hangat dibanding dingin untuk diminum sebelum dan sesudah bernyayi. Cairan hangat bisa menenangkan tenggorokan, sedangkan cairan dingin bisa membuat otot-otot tenggorokan menegang sehingga terasa sakit saat digunakan.

    Pilihan terbaik adalah teh hangat dan madu, tapi kamu juga bisa mengonsumsi jus buah dengan suhu ruang. Jauhi minuman dengan kafein atau alkohol karena tipe minuman ini hanya akan membuat tenggorokanmu lebih kering.


    Latih pernapasan

    Bisikkan suara "aaa" dan dorong sebanyak mungkin udara sambil berbisik. Tetap pertahankan volume udara yang cukup sehingga kamu bisa mengeluarkan suara selama 15-30 detik. Sebelum mengeluarkan suara, kamu bisa menarik napas dalam-dalam lewat hidung. Dengan begitu, kamu bisa memasukkan sebanyak mungkin udara ke dalam paru-paru. Semakin banyak udara yang kamu dapatkan, semakin lama durasi suaramu nanti.

    Latihlah untuk bernapas dari diafragma dan dorong udara naik dari dasar paru-paru. Tetap lakukan dengan dorongan yang terkontrol dan tetap, hindari langsung menghentakkan semua udara sekaligus.


    Beri tekanan kuat

    Masih melanjutkan tahap sebelumnya, usahakan untuk mengatupkan tenggorokan dan berikan tekanan yang lebih kuat pada suara "aaa". Persempit tenggorokan sehingga celahnya mengecil namun tetap bisa mengeluarkan udara. Rasakan suara bergerak di antara tenggorokan dan dada.


    (Baca Juga: Sering Menatap Layar HP, Begini Cara Jaga Kesehatan Mata)


    Terus berlatih

    Lakukan latihan sesering mungkin. Jangan terburu-buru untuk bernyanyi karena kamu membutuhkan latihan konsisten selama beberapa minggu untuk menguasai teknik vokal dasar. Dengan latihan tepat, kamu bisa terhindar dari cedera tenggorokan. 

    Namun, jika tenggorokanmu mulai terasa sakit saat latihan, langsung hentikan dan konsumsi minuman hangat. Biasanya teh hangat dan madu bisa langsung mengurangi intensitas sakitnya. Baru lanjutkan latihan hanya setelah tenggorokanmu benar-benar sembuh dan tidak terasa sakit sama sekali.


    Itulah cara bernyanyi agar tenggorokan tidak sakit. Selamat berlatih secara konsisten!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below