Cara Merawat Sepatu Kulit Yang Mudah Dan Aman


  • Cara Merawat Sepatu Kulit Yang Mudah Dan Aman
    Inilah cara merawat sepatu kulit dengan cara membersihkanya dengan mudah dan aman (Foto:Dok.Thomas/Pexels)


    Pemilik sepatu kulit tentu paham pada masalah-masalah yang kerap muncul pada jenis alas kaki yang satu ini. Diantaranya adalah kerutan, warna memudar hingga berjamur. 

    Munculnya masalah ini bukanlah tanpa penyebab. Hal ini bisa terjadi berawal dari cara membersihkannya yang salah. Padahal membersihkannya menjadi salah satu cara merawat sepatu kulit yang patut dilakukan. 



    Agar sepatu kulitmu tetap terjaga, berikut cara membersihkannya yang baik dan benar.


    (Baca Juga: Bisa Dilakukan Di Rumah: Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu)


    1. Gunakan kain 

    Tak bisa dielak bahwa sepatu kulitmu juga bisa terkena noda dan kotoran saat digunakan. Berbeda dari jenis sepatu canvas, alas kaki berbahan kulit memiliki metode khusus untuk dibersihkan.

    Gosoklah kotoran dengan kain yang bersih dan kering. Cara ini bisa dicoba untuk mengikis lumpur atau kotoran yang menempel dan bertekstur kasar. Sehingga ketika terangkat, noda tidak merusak kulit sepatu.


    2. Pakai sikat yang lembut

    Setelah terangkat, oleskan pembersih sepatu dengan sikat yang lembut untuk menggosok area yang terkena noda. Namun, apabila pembersih sepatu telah menyediakan aplikator, maka kamu tak perlu lagi menggunakan sikat.

    Tambahkan sedikit air sebelum mengoleskannya. Kemudian, bersihkanlah dengan lembut dan buatlah pola lingkaran saat membersihkannya. Dengan begitu teksur sepatumu akan terjaga.


    (Baca Juga: Tips Merawat Sepatu Berdasarkan Jenisnya)


    3. Gunakan air dan cuka

    Cara merawatnya dengan bahan alami bisa dengan mencampurkan air dan cuka. Cara ini paling ampuh untuk mengangkat noda membandel yang menumpuk atau noda garam berwarna putih. 


    4. Keringkan dengan suhu ruangan

    Yang terpenting dari merawat sepatu kulit adalah tempat meletakkannya. Hindarilah suhu yang terlalu dingin atau panas. Alasan ini guna meminimalisir kerusakan pada tekstur kulit.

    Cukup dengan meletakkannya pada suhu ruangan kamar dan biarkan hingga kering. Setelahnya, kamu bisa mengoleskan pelembab atau semir sepatu.


    Jadi, siapa yang bilang merawat sepatu kulit sulit untuk dilakukan?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below