Life & health

Tips Merawat Sepatu Berdasarkan Jenisnya

By : Kiki Riama Priskila - 2016-07-13 22:40:49 Tips Merawat Sepatu Berdasarkan Jenisnya

Kenali model sepatu koleksi Anda dan rawat mereka sesuai jenisnya.

High heels

Sepatu hak tinggi sangat ringkih, bahkan jika dibuat dari kulit. Anda harus rajin membersihkannya dengan sikat berbulu, seperti sikat gigi atau kain lembut yang telah dicelupkan dalam air dingin.

Anda juga bisa menggunakan mesin cuci tapi tempatkan di area spin cycle karena bisa membantu mengeringkan sisa air yang ada. Tak perlu takut saat melihat sepatu Anda sedikit menyusut, karena ukurannya akan kembali normal saat dikenakan.

Sepatu hak tinggi juga bisa menyebabkan bau tak sedap. Atasi dengan mencampurkan tepung jagung, baking soda, dan beberapa tetes essential oil dan oleskan di area telapak jari kaki dan tumit.

Sneakers

Untuk membersihkan sneakers, beli produk pembersih sneakers premium yang banyak dijual. Semprotkan permukaan sneakers dengan spray berisi air (sedikit demi sedikit) lalu sikat perlahan menggunakan sikat basah dan pembersih sneakers.

Re-spray untuk menghapus kotoran yang sudah terkena sabun lalu jemur dan balik sepatu Anda hingga area sol menghadap ke atas. Menempatkan sepatu terbalik bisa membuat bentuk sneakers terjaga dan membuat sol sepatu bernapas.

Hindari merendam tali sepatu dengan pemutih dan air panas karena akan merusak material, sebaiknya, cuci dengan air hangat dan dua tetes pembersih sepatu lalu peras dan bilas.

Boots

Pastikan Anda segera membersihkannya setelah mengenakannya, terutama jika ada noda di badan sepatu. Gunakan kain basah dan sikat berbulu lembut saat membersihkannya.

Hindari mengeringkan dengan hair dryer atau pengering apa pun karena bisa merusak serat pada kulit dan membuatnya jadi kaku.

Untuk menghindari permukaan yang pecah, Anda butuh pelembap sepatu. Bahan suede dan kulit terbalik tidak butuh pelembap, namun boots yang berbahan full-grain leather membutuhkan pelembap saat kulit mulai rusak.

 

(FOTO: DOK. HER WORLD)

Life & health