Begini Cara Mengatasi Pria Yang Gampang Marah


  • Begini Cara Mengatasi Pria Yang Gampang Marah
    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pria yang gampang marah (Foto:Dok.Moose/Pexels)


    Saat suasana hati seorang pria tidak menentu, hal ini bisa mendorong perubahan emosi pada dirinya. Sehingga tak jarang dirinya sulit mengedalikan perasaannya dan cenderung jadi gampang marah.

    Namun tak perlu khawatir, sebagaimana banyak penyebab yang bisa buat pria jadi gampang marah, begitu juga dengan cara mengatasinya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi pria yang gampang marah.


    (Baca Juga: Ketahuilah Alasan Pria Mudah Marah Padamu)


    1. Sadari

    Kemarahan sebetulnya tak selalu hal yang salah untuk dilakukan. Oleh sebabnya, penting untuk mengetahui apa yang menjadi dasar kemarahan itu muncul. 

    Tanyakan pada diri sendiri mengapa orang itu marah padamu. Hal ini memudahkanmu menentukan pilihan untuk menyelesaikan situasi itu. Namun, perlu dipahami bahwa hal ini bisa kamu lakukan tergantung pada jenis kemarahan yang bisa diterima atau tidak.


    2. Tetap tenang

    Seorang psikolog Ryan Martin menuliskan di Psychology Today bahwa salah satu cara terjitu untuk mengatasi orang yang pemarah adalah tetap tenang. Langkah ini sangatlah tepat untuk tidak memperburuk situasi.

    Maka tak heran jika seorang pria sedang marah, mereka akan meninggikan suara, berteriak hingga mengumpat. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu berbicara seperlu dan setenang mungkin agar dia mengikuti suasana hatimu.


    (Baca Juga: Cara Menjadi Wanita Yang Menarik Perhatian Pria)


    3. Hindari menyerang karakter

    Tak jarang saat seseorang pada diri, ada perasaan tersinggung dan ingin membela diri. Namun, cara membela diri yang benar sebaiknya tidak dengan menyerang karakter orang lain.

    Menghina mereka, atau bahkan mengatakan hal-hal seperti "Kamu selalu melakukan ini" kemungkinan akan memperburuk keadaan. Sebaliknya, fokuslah pada perilaku atau perasaan daripada mengatakan, "Kamu selalu berteriak padaku saat kamu marah."

    Cobalah untuk mengganti bahasa dengan halus agar dia mengerti apa yang kamu inginkan. Seperti, "Tolong jangan membentakku." dan memintanya untuk bersabar dengan "Bisakah kamu bersabar dengan saya?" Dan hal ini memungkinkan untuk membuka peluang berbicara dengannya.


    4. Pahami posisinya

    Meskipun terkadang diri tidak setuju dengan apa yang dibicarakan olehnya, namun mengalah sejenak untuk menang tak ada salahnya untuk dicoba. Namun bagaimana caranya?

    Untuk memadamkan api, diperlukan air. Maka pahami posisinya sebaik mungkin kenapa seorang pria bisa marah padamu. Jelaskan padanya bahwa dirimu mengerti apa yang dia rasakan dan apa yang dia inginkan. Namun, jangan lupa juga untuk mengungkapkan apa yang menjadi kendalamu agar dia mau mendengarkan apa yang kamu inginkan.


    5. Tahu kapan harus berhenti

    Ada kalanya kamu perlu melepaskan diri dari situasi tersebut. Ada banyak alasan mengapa ini mungkin hal yang cerdas untuk dilakukan.

    Langkah ini biasanya bisa jadi pilihan saat situasi sulit untuk diubah menjadi positif. Pria tersebut mungkin sangat marah sehingga percakapan yang sehat dan masuk akal tidak bisa dilakukan pada saat itu. Jika itu yang terjadi, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mengatakan, "Mari kita bicarakan ini nanti saat kita sudah tenang" atau, jika itu adalah orang asing yang kecil kemungkinan untuk bertemu lagi, cukup katakan, "Saya minta maaf atas peran saya dalam hal ini", dan pergilah.


    Itulah sejumlah cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi pria yang mudah marah.