Cara Menjaga Pola Makan Yang Benar Setelah Diet


  • Cara Menjaga Pola Makan Yang Benar Setelah Diet
    Revenge eating dapat membuatmu bertambah berat badan setelah diet. Hindari pola makan tidak sehat itu. (Foto: Dok. Pixabay)

    Setelah menjalani diet, banyak sekali orang yang kembali ke pola makan lama yang tidak sehat. Apalagi setelah berat badan turun, pasti banyak yang melakukan revenge eating, yaitu pola makan bebas sebagai bentuk balas dendam karena sudah lama tidak dapat menikmati makanan yang disukai. Hal ini sebenarnya tidak baik dan dapat membuat perjuangan diet sia-sia.


    Ketika pola makan berubah drastis, metabolisme dalam tubuh akan terganggu dan dapat membuat pertambahan berat badan dua kali lipat dari sebelumnya. Untuk mencegah hal ini, kenali cara menjaga pola makan yang benar setelah diet. 




    (Baca Juga: Diet Ketat, 8 Artis Korea Yang Berhasil Turunkan Berat Badan)


    1. Catat dan perhatikan makanan yang dikonsumsi 

    Agar kamu tidak berlebihan mengkonsumsi makanan tidak sehat, ada baiknya jika kamu mencatat dan memerhatikan makananmu. Lebih baik lagi jika kamu menghitung berapa banyak kalori yang kamu konsumsi per hari, hal ini dapat membuatmu disiplin dalam memilih makanan. Ada banyak aplikasi tidak berbayar yang dapat membantumu menghitung kalori makanan yang dikonsumsi, seperti My Fitness Pal, Lost it!, dan Fat Secret. 


    2. Tetap aktif berolahraga 

    Jangan berpikir bahwa olahraga hanya penting saat kamu menjalani program diet. Selain menjaga kesehatan mental, olahraga dapat membuatmu merasa tidak bersalah setelah memakan makanan berlemak dan tidak sehat. 


    3. Membuat rutinitas makan 

    Membuat rutinitas makan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kestabilan metabolisme dalam tubuh. Biasakan untuk mengkonsumsi sarapan di pagi hari agar kamu tidak makan makanan berlebih di siang hari. 


    4. Konsumsi banyak air putih 

    Mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter sehari sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, apalagi untuk menjaga berat badan. Kalau kamu salah satu tipe orang yang malas minum, kamu bisa membuat peringatan di handpone setiap satu jam sekali untuk mengonsumsi 1 gelas air. Bahkan ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mencatat konsumsi air putihmu setiap hari. 


    (Baca Juga:  Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan Tubuh)


    Itu dia cara menjaga pola makan yang benar setelah diet. Selamat mencoba!


    (Penulis: Regina Yohana)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below