Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan Tubuh


  • Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan Tubuh
    Kandungan nutrisi dalam black garlic lebih tinggi dari bawang putih biasa. (Foto: Dok. Instagram/sweet.garlic)

    Akhir-akhir ini, popularitas dari black garlic semakin meningkat. Hal ini dikarenakan manfaat dan kandungan nutrisinya yang lebih banyak dibandingkan bawang putih biasa. Berdasarkan penelitian, bawang unik satu ini memiliki kandungan S-allyl cysteine (SAC) 6.3 kali lipat lebih banyak dari bawah putih biasa. SAC adalah senyawa organis yang dapat melindungimu dari stres oksidatif dan peradangan. 


    (Baca Juga: Sering Menatap Layar HP, Begini Cara Jaga Kesehatan Mata)




    Black garlic sebenarnya hanyalah bawang putih biasa yang difermentasi. Bawang ini diproduksi dengan cara membiarkan bawang putih biasa menua dalam suhu 60-70 derajat celcius selama satu bulan. Proses ini membuat senyawa belerang yang memberikan bau tajam pada bawang putih berkurang, dan berbagai reaksi kimia lainnya yang pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat black garlic yang harus diketahui.


    1. Pencegah kanker 

    Banyak penelitian yang berhasil membuktikan black garlic dapat mencegah kanker. Beberapa penelitian tersebut bahkan menyarankan orang-orang yang terkena leukimia dan kanker perut untuk mengonsumsi bawang ini secara rutin. 


    2. Mencegah dan mengobati obesitas 

    Bagi kamu yang susah menurunkan berat badan karena obesitas, kamu wajib coba mengonsumi black garlic secara rutin. Penelitian di 2015 menemukan bahwa pola diet yang dilengkapi dengan 1.5% ekstrak black garlic dapat menurunkan berat badan orang-orang obesitas. 


    3. Menjaga kesehatan jantung

    Kandungan antioksidan yang tinggi dalam black garlic terbukti dapat menjaga fungsi kardiovaskular dan meningkatkan sirkulasi. Selain itu, black garlic juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi konsentrasi lipoprotein aterognik, penanda risiko arteri koroner. Para peneliti menyarankan penderita jantung koroner untuk mengonsumsi bawang ini secara rutin. 


    4. Tingkatkan kesehatan kognitif 

    Efek anti-inflamasi, antioksidan, dan neuroprotektif dalam black garlic sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Beradasarkan penelitian, bawang ini dapat meningkatkan daya ingat karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 


    (Baca Juga: Ketahui 6 Makanan Untuk Meningkatkan Mood)


    Itulah manfaat black garlic untuk kesehatan tubuh, apakah kamu penasaran dengan rasanya? 


    (Penulis: Regina Yohana) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below