Ketahui 6 Makanan Untuk Meningkatkan Mood


  • Ketahui 6 Makanan Untuk Meningkatkan Mood
    Dark chocolate, salah satu makanan untuk memperbaiki mood. (Foto: Dok. Unsplash)

    Saat merasa sedih atau berada di bawah tekanan, biasanya kamu ingin mengonsumsi makanan tertentu yang dapat memperbaiki mood. Hal tersebut disebabkan oleh serotonin, hormon yang mampu mengatur suasana hati, dibuat secara alami di otak dari triptofan dengan bantuan vitamin B dan D, serta ikan. Berikut Her World rekomendasikan 6 makanan untuk meningkatkan mood agar kinerjamu dapat lebih maksimal.


    (Baca Juga: Minuman Ampuh Usir Bad Mood)




    Telur

    Kandungan vitamin D yang terdapat pada kuning telur mampu meningkatkan kadar serotonin dan memperbaiki mood seseorang. Sebaliknya, kekurangan vitamin D justru menjadi salah satu faktor risiko depresi pada orang tua.


    (Kandungan vitamin D mampu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Foto: Dok. Unsplash)


    Teh hijau

    Tak hanya kaya akan antioksidan yang meningkatkan kesehatan, teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang dapat meningkatkan aktivitas neurotransmiter asam gamma-aminobutirat yang memiliki efek anti kecemasan.


    Selain itu, minuman ini dapat meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alfa di otak yang berfungsi dalam meredakan depresi, kecemasan, dan meningkatkan toleransi rasa sakit.


    (Teh hijau mampu meningkatkan dopamin untuk meredakan depresi dan kecemasan. Foto: Dok. Unsplash)


    Kimchi

    Makanan fermentasi seperti kimchi mampu meningkatkan kesehatan usus dan suasana hati. Mikroorganisme hidup yang berkembang selama fermentasi mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus yang membantu meningkatkan kadar serotonin.



    (Mikroorganisme dari proses fermentasi dalam kimchi mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus. Foto: Dok. Unsplash)

    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Lilin Aromaterapi untuk Bangkitkan Mood)


    Oats

    Oats merupakan sumber serat yang sangat baik dan membantu mengatur pencernaan karbohidrat. Pelepasan gula secara bertahap ke dalam aliran darah akan membantu menjaga tingkat energi agar tetap stabil sehingga berpengaruh dalam mengontrol perubahan suasana hati, serta mengurangi iritabilitas.


    (Selain mengatur pencernaan karbohidrat, oats mampu mengontrol perubahan suasana hati. Foto: Dok. Unsplash)

    Dark chocolate

    Kamu pasti sering mendengar kalau coklat ampuh untuk memperbaiki mood. Pernyataan tersebut benar adanya dan jenis coklat yang paling baik dalam hal ini adalah dark chocolate.


    Dark chocolate mengandung flavonoid yang meningkatkan kesehatan dengan mengalirkan darah ke otak. Selain kesehatan, aktivitas tersebut mampu mendukung mengatur suasana hati yang juga dipengaruhi oleh hedonic rating yang tinggi karena rasa, tekstur, dan aromanya yang menciptakan suasana hati yang baik.


    (Flavonoid dalam dark chocolate dapat meningkatkan kesehatan dengan mengalirkan darah ke otak. Foto: Dok. Unsplash)

    (Baca Juga: 7 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mental)


    Salmon

    Salah satu jenis oily fish ini kaya akan asam lemak omega-3 yang terbukti meningkatkan produksi faktor neurotropik yang mampu mengatur pertumbuhan sel-sel baru di otak dan memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi kognisi.



    (Asam lemak omega-3 dalam salmon dapat mengatur pertumbuhan sel-sel baru di otak. Foto: Dok. Unsplash)


    Itulah 6 makanan untuk memperbaiki mood yang perlu dicoba agar kamu lebih mudah menjalani hari.


    (Penulis: Aurelia Gracia)