7 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mental


  • 7 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mental
    Berries, salah satu makanan untuk menjaga kesehatan mental (Foto: Dok. Unsplash)

    Otak merupakan salah satu organ dalam tubuh yang selalu bekerja dan mengontrol seluruh pergerakan kita dalam seluruh kegiatan. Tentunya, makanan dapat menghasilkan nutrisi yang mempengaruhi sistem kerja otak dan mood. Kepada HerWorld Singapore, ahli gizi dan mentor bisnis USANA Health Sciences, Alessia Tan, menuturkan bahwa pola makan yang sehat mampu melindungi kesehatan mental seseorang. Berikut ini HerWorld telah merangkum tujuh makanan untuk menjaga kesehatan mental.


    (Baca Juga: 9 Tanda Fisik dari Gangguan Kesehatan Mental)




    Oily Fish

    Oily fish merupakan jenis makanan untuk otak yang terkenal karena mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan otak.

    Melakukan diet tinggi pada asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi tingkat kecemasan. Beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi di antaranya adalah salmon, trout, sarden, makarel, atau mengonsumsi minyak ikan.



    Salmon sebagai salah satu oily fish yang mengandung asam lemak omega-3 (Foto: Dok. Unsplash)

    Kenari

    Kenari dapat dijadikan sebagai menu camilan yang baik untuk tubuhmu karena kaya antioksidan dan mampu menjaga kesehatan otak dalam jangka panjang dengan mengurangi stres oksidatif di otak dan tubuhmu.

    Selain itu, kenari juga membantu mengembangkan neuron baru yang dapat menjaga kesehatan mental dengan menumbuhkan sel-sel otak baru.


    Kenari merupakan makanan yang dapat membentuk sel-sel otak baru (Foto: Dok. Unsplash)


    Berries

    Tak hanya kenari, buah-buahan beri seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry dapat dijadikan alternatif camilan yang kaya antioksidan dan mampu memperbaiki sel serta melawan peradangan. 

    Buah-buahan ini juga mengandung senyawa polifenol yang dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan mempertajam perhatian.


    Berries, buah-buahan yang mengandung senyawa polifenol (Foto: Dok. Unsplash)


    Gandum utuh

    Jika umumnya kamu mendengar atau disarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat, justru dengan menambahkan gandum utuh dalam menu makananmu dapat membantu produksi hormon serotonin yang membuatmu merasa bahagia. Hormon tersebut akan meningkatkan mood, menenangkan pikiran, dan menjaga siklus tidur yang teratur.

    Hal ini disebabkan oleh gandum utuh tidak melalui tahap olahan yang panjang seperti karbohidrat olahan lainnya yang dapat menyebabkan peradangan, penambahan berat badan, perubahan mood, dan penurunan gula.


    Gandum utuh merupakan karbohidrat yang baik dikonsumsi (Foto: Dok. Unsplash)


    Sayuran hijau

    Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin, mineral, nutrisi, dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, sayuran seperti kale, bayam, dan brokoli juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sehari-hari mengonsumsi sayuran hijau akan mengalami penurunan tingkat kognitif secara lebih lambat.

    Melindungi otak dengan mengurangi risiko demensia juga merupakan manfaat lain dari sayuran hijau karena kandungan zat besi, kalsium, folat, serta vitamin E dan K.



    Kale, salah satu makanan yang mengandung vitamin E dan K (Foto: Dok. Unsplash)


    Kacang-kacangan

    Jenis makanan ini dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan otak. Buncis, kacang merah, dan lentil kaya akan antioksidan dan serat yang membantu menjaga kestabilan gula darah dan membuatmu kenyang lebih lama.

    Kacang juga mengandung vitamin esensial yang disebut tiamin yang dibutuhkan otak untuk menghasilkan asetilkolin, neurotransmiter yang mendukung ingatan.


    Kacang-kacangan mengandung serat yang dapat menjaga kestabilan gula darah (Foto: Dok. Unsplash)


    (Baca Juga: Keadaan Bikin Stres, Ini Cara Kamu Perbaiki Kesehatan Mental)


    Yoghurt

    Yoghurt mengandung probiotik yang penting untuk memelihara mikroflora pada usus dan memastikan kelancaran sistem pencernaan. Sebuah studi tentang keterkaitan antara otak dan usus sehingga makanan apapun yang diterima oleh usus juga akan berdampak bagi otak.



    Yoghurt mengandung probiotik yang baik untuk tubuh (Foto: Dok. Unsplash)


    Itulah tujuh makanan untuk menjaga kesehatan mental, apakah salah satunya sudah kamu konsumsi secara rutin?


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below