Berikut 5 Warna Pakaian Yang Bantu Menghilangkan Stres


  • Berikut 5 Warna Pakaian Yang Bantu Menghilangkan Stres
    Ketahui warna pakaian yang bisa bantu menghilangkan stres saat bekerja (Foto:Dok.Tamara/Unsplash)


    Siapa bilang memilih warna bukanlah hal yang penting untuk menentukan busana keseharian? Mengutip laman Herworld Singapura, Pablo Picasso pernah berkata bahwa "warna, seperti fitur, mengikuti perubahan emosi". Setuju?

    Warna yang berbeda bisa berdampak pada suasana hati dan perasaan. Sehingga penting untuk memilih warna busana yang cocok untuk dipakai saat bekerja di kantor atau bahkan di rumah. Jika kamu merasa stres saat bekerja, cobalah untuk memilih warna pakaian yang bisa menghilangkan stres ini.




    (Baca Juga: 7 Warna Pakaian Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang)


    1. Biru

    Denis Duttons seorang filsuf seni menjelaskan dalam bukunya The Art Instinct (2009), bahwa biru adalah warna universal yang disukai banyak orang karena asosiasinya yang memberikan rasa damai pemandangan dan nuansa langit dan laut. Itulah mengapa warna biru wajib digunakan baik untuk busana kerja atau santai di rumah.


    Tip gaya: Untuk daya tarik profesional, padukan biru dengan hitam.

    Pakaian ke kantor: Gaun maxi dengan motif dan tambahkan blazer untuk gaya yang lebih formal.

    Pakaian WFH: Keunggulan dari WFH adalah orang hanya bisa melihat bagian atas tubuhmu selama panggilan video. Sehingga, ini waktu yang tepat untuk memakai celana yang nyaman.


    2. Hijau


    Selain itu, warna hijau juga jadi salah satu yang patut dikenakan sehari-hari. Bahkan hijau adalah lambang dari pertumbuhan, alam, dan tanaman yang subur.

    Psikolog Stephanie Lichtenfeld dan timnya melaporkan dalam studi mereka pada tahun 2012, Green Facilitates Creative Performance, bahwa warna ini bisa "membuka pemrosesan (mental) yang diperlukan untuk melakukan tugas kreativitas dengan baik". Sehingga rona hijau bisa membantu meningkatkan kreativitas sekaligus membuat diri merasa lebih santai di tempat kerja. 


    Tip gaya: Padukan warna hijau dengan nada netral, seperti coklat, krem, dan putih.

    Pakaian ke kantor: Gaun midi dengan printed motif yang abstrak. Pasangkan dengan sepasang sepatu hak tinggi atau bahkan sepatu bot untuk menambah kepercayaan diri.

    Pakaian WFH: Momen ini jadi kesempatan untukmu kala tidak boleh mengenakan celana pendek ke kantor. Terutama jika kantormu tidak memiliki aturan untuk menyalakan kamera video saat rapat, maka ini adalah salah satu pakaian nyaman yang patut digunakan.


    (Baca Juga: 5 Warna Pakaian Yang Cocok Untuk Kulit Kuning Langsat)


    3. Merah muda atau pink


    Meskipun merah muda kerap dikaitkan dengan cinta dan feminitas, namun rona ini bisa menimbulkan ketenangan dan kedamaian. Penulis Adam Alter juga pernah menuliskan dalam bukunya yang berjudul Drunk Tank Pink: And Other Unexpected Forces That Shape How We Think, Feel, and Behave (2013), bahwa tahanan yang marah di pusat penahanan Angkatan Laut AS menjadi tenang setelah menghabiskan 15 menit di sel yang dicat warna merah jambu atau pink.


    Tip gaya: Gunakanlah warna turunan dari pink ke yang lebih lembut dan feminin ini dengan memilih setelan jas.

    Pakaian ke kantor: gunakan luaran berbahan silk dengan gaun berwarna putih atau bahkan senada.

    Pakaian WFH: Mengenakan gaun sangat nyaman karena kamu tidak perlu memikirkan cara mencocokkan pakaian.


    4. Putih


    Warna putih juga melambangkan ketenangan, ketenangan dan kedamaian. Memakainya dapat membantumu menjernihkan pikiran, dan membantu berpikir lebih jernih di tempat kerja.


    Tip gaya: Cobalah dengan tema monokrom saat menggunakan busana berwarna putih

    Pakaian ke kantor: Kamu tidak akan pernah salah dengan kemeja putih. Warna ini cocok untuk rapat kerja, makan siang bersama atau bahkan menghadiri suatu event.

    Pakaian WFH: Kamu bisa menggunakan apapun dengan warna serba putih tanpa takut kotor terkena polusi!


    5. Kuning


    Kuning sering dikaitkan dengan kebahagiaan tetapi bisa lebih dalam dari itu. Spesialis warna Amerika Leatrice Eiseman mengatakan kepada CNN bahwa "terkadang orang yang sangat metafisik akan melihat pencerahan" saat mereka menatap bayangan ceria ini. Cerah, bersemangat dan optimis, kuning merangsang pelepasan endorfin, pereda stres alami tubuh.


    Tip gaya: Buatlah tampilan yang kontras dan pasangkan kuning dengan hitam, putih, atau abu-abu agar warnanya menonjol.

    Pakaian ke kantor: Atasan serbaguna bisa dipasangkan dengan rok, jeans, celana dan membuatmu tetap hangat di kantor yang dingin!

    Pakaian WFH: Hanya karena kamu di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa berdandan. Gunakan busana dengan detail agar kamu terlihat tetap elegan saat zoom meeting!


    Itulah sejumlah warna pakaian yang bisa menghilangkan stres. Sudah tahu ingin menggunakan warna apa untuk hari Senin nanti?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below