6 Cara Menjadi Wanita Lajang Yang Bahagia


  • 6 Cara Menjadi Wanita Lajang Yang Bahagia
    Menjadi seorang wanita lajang tentunya tidak menutup kebahagiaan dalam diri. (Foto: Dok. Unsplash)

    Status sebagai seorang wanita lajang sering kali dipertanyakan oleh kerabat, terutama jika sudah menyentuh usia tertentu. Awalnya yang merasa hidupnya baik-baik saja, lama kelamaan jadi ikut mempertanyakan kelajangan pada dirinya. Padahal, memiliki pasangan bukan berarti hidup jadi lebih bahagia, lho! Ketahui 6 cara menjadi wanita lajang yang bahagia supaya kamu dapat fokus terhadap apa yang dimiliki.


    (Baca Juga: Penting! Perencanaan Keuangan Bagi Si Lajang)




    Fokus terhadap keinginan diri sendiri

    Menjadi wanita lajang artinya kamu memiliki waktu untuk fokus terhadap diri sendiri. Kesendirian tak berarti menyedihkan, justru kamu bisa belajar untuk nyaman menghabiskan waktu seorang diri dan memahami bahwa tidak selalu harus berada di sekitar orang lain.


    Saat sendiri kamu dapat mengenal dirimu lebih jauh, mengetahui apa yang disukai dan ingin diubah. Selain itu, ini menjadi saat yang tepat untuk menggali hobi baru dan berbagai hal menarik yang membuatmu bahagia. Siapa tahu kalau ternyata kamu memiliki bakat terpendam?


    Hargai apa yang dimiliki

    Tanpa disadari, berada di sekitar orang lain sering kali membuat diri sendiri selalu melihat apa yang mereka miliki dan membuatmu merasa ada banyak hal yang tidak dimiliki. Oleh karena itu, mulai membiasakan untuk melihat apa yang ada pada dirimu dan mensyukuri segala yang dimiliki, mulai dari hal-hal kecil sekali pun yang biasanya disepelekan.


    Dengan menghargai apa yang dimiliki, hidupmu akan lebih bahagia dan kamu pun akan menyadari bahwa belum tentu yang dilihat dalam kehidupan orang lain juga dibutuhkan dalam hidupmu.


    Memanjakan diri

    Melakukan rutinitas setiap hari tentunya melelahkan, belum lagi jika harus menghadapi hal-hal tertentu yang kehadirannya tidak disangka sehingga sering lupa untuk memprioritaskan diri. Oleh karena itu, memanjakan diri menjadi sebuah hal yang perlu dilakukan sebagai salah satu bentuk apresiasi dan sayangmu terhadap diri sendiri. 


    Kamu dapat melakukannya dari hal-hal kecil, seperti menonton film, pergi ke spa, mencoba makanan di restoran terbaru, atau membeli barang yang selalu diinginkan. Pastikan agenda ini masuk ke dalam budget-mu ya!



    (Menonton film dapat dilakukan sebagai salah satu bentuk memanjakan diri. Foto: Dok. Unsplash)

    (Baca Juga: 4 Zodiak Paling Indenpenden, Kamu Salah Satunya?)


    Prioritaskan teman dan keluarga

    Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga menjadi hal yang tepat untuk dilakukan oleh seorang wanita lajang. Selain fokus terhadap dirimu, kamu dapat lebih memperhatikan orang-orang di sekitar yang kamu sayangi dan menerima dukungan serta kasih sayang dari mereka.


    Tentunya kamu perlu menentukan waktu di antara pekerjaanmu untuk menyempatkan diri bertemu dengan mereka. Misalnya makan malam di rumah orang tua setiap pulang kantor atau mengundang teman-temanmu untuk menonton film di rumah sambil memesan makanan lewat aplikasi online.


    (Melakukan aktivitas bersama teman-teman menjadi hal yang berharga. Foto: Dok. Unsplash)

    Belajar menghadapi kekecewaan

    Mungkin kamu menyadari bahwa dalam hidup tidak semua hal dapat terpenuhi karena berbagai alasan dan keterbatasan. Namun, jika saat ini kamu melihat kelajanganmu sebagai sebuah keterbatasan, ketahuilah bahwa kamu tetap bisa melakukan hal-hal tersebut sebagai seorang wanita yang tangguh.


    (Baca Juga: Tanda-Tanda Wanita Jatuh Cinta Dari Bahasa Tubuhnya)


    Ubah cara berpikir tentang ekspektasi sosial

    Kadang tanpa disadari, ekspektasi sosial cukup membentuk standar-standar yang dibentuk dalam kehidupan. Padahal, tidak ada yang mengharuskanmu untuk sukses sekaligus sudah menikah sebelum umur 30. Pandangan sosial yang telah membentuk pemahaman bahwa semua wanita harus menikah dan memperoleh kebahagiaan dari pernikahannya. 


    Sah-sah saja jika kamu ingin melajang dan status tersebut tentunya tidak menutup kebahagiaan dalam dirimu. Namun, jika kamu memiliki latar belakang keluarga yang masih memegang pemahaman tersebut, kamu perlu menjelaskan keinginanmu dan meminta mereka menjelaskan kekhawatirannya. Ketahuilah bahwa ini bukan hal yang mudah,



    Itulah 6 cara menjadi wanita lajang yang bahagia. Ingat, kebahagiaan bisa datang dalam bentuk apapun, bahkan di saat kamu tidak mengharapkannya.


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below