5 Bahan Yang Dapat Menghilangkan Ketombe Membandel


  • 5 Bahan Yang Dapat Menghilangkan Ketombe Membandel
    Inilah 5 bahan aktif yang dapat membantu menghilangkan ketombe, apa saja? (Foto: Dok. Tim Mossholder/Pexels)

    Ketombe merupakan suatu kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya serpihan-serpihan kulit berwarna putih atau kekuningan dengan ukuran lebih besar, sering disertai dengan rasa gatal dan kulit kepala berminyak.


    Nah, jika kamu sudah melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan ketombe, tetapi hasilnya belum maksimal, berikut ini 5 ingredient yang dapat membantu menghilangkan ketombe. Apa saja? Teruslah membaca! 




    1. Tea Tree Oil

    Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan anti jamur alami, yang bagus untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab ketombe sekaligus dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan. 


    Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menggunakan sampo dengan kandungan tea tree oil di dalamnya, atau mencampurkan tea tree oil murni dengan sampo yang biasa kamu gunakan. Namun, jika kamu memiliki kulit kepala yang sensitif, jenis minyak ini dapat menyebabkan iritasi. Tipsnya: kamu bisa mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa sebelum mengoleskannya pada kulit kepala. 


    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Produk Untuk Lindungi Kulit Dari Blue Light)


    2. Asam Salisilat

    Selain untuk mengobati jerawat, ternyata asam salisilat juga merupakan salah satu bahan umum yang sering digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Ingredient yang satu ini dapat membuat kulit kepala melepaskan partikel kering atau mati yang menempel pada lapisan kulit teratas, dalam hal ini adalah ketombe.


    3. Zinc Pyrithione

    Zinc pyrithione adalah pilihan bahan anti ketombe yang paling aman untuk digunakan sehari-hari. Terlebih lagi jika kamu memiliki kulit kepala yang sensitif, karena bahan ini tidak akan mengiritasi atau menyebabkan peradangan pada kulit kepala. 


    Zinc pyrithione bekerja dengan cara mengontrol pertumbuhan jamur malassezia, yang dapat menjadi salah satu penyebab ketombe. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu menggunakan sampo yang mengandung bahan ini secara rutin dan teratur. 


    4. Selenium Sulfide

    Selenium sulfide merupakan ingredient yang paling sering ditemukan dalam produk sampo anti ketombe. Selain dapat digunakan untuk mengobati masalah ketombe, bahan ini juga dapat mengobati kondisi kulit kepala tertentu, seperti dermatitis seboroik. Selenium sulfide bekerja secara efektif untuk menurunkan produksi minyak alami (sebum), yang menjadi salah satu penyebab umum timbulnya ketombe. Selain itu, bahan ini juga dapat mengurangi rasa gatal, kulit mengelupas, iritasi, dan kemerahan pada kulit kepala. 


    (Baca Juga: 5 Produk Skincare Terbaik Untuk Hilangkan Bekas Jerawat)


    5. Aloe Vera

    Tak hanya memiliki beragam manfaat untuk kulit, aloe vera atau lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk rambut, termasuk mengatasi masalah ketombe. Meskipun lidah buaya mungkin tidak efektif untuk mengatasi masalah ketombe yang lebih parah, namun bahan ini dapat membantu meringankannya. 


    Lidah buaya mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu melembapkan kulit dan memberikan efek menenangkan. Kulit kepala yang lebih lembap dan tidak berminyak akan membuat ketombe enggan untuk singgah di kulit kepalamu. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi iritasi pada kulit kepala. 


    Untuk mencoba bahan ini sebagai perawatan ketombe, oleskan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan sampo. Kamu dapat melakukan perawatan ini satu hingga dua kali seminggu.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below