6 Rekomendasi Produk Untuk Lindungi Kulit Dari Blue Light


  • 6 Rekomendasi Produk Untuk Lindungi Kulit Dari Blue Light
    Miminalkan dampak buruk blue light ke kulit dengan produk yang tepat. (Foto: Dok. Berbagai Sumber)

    Screen time meningkat = paparan terhadap blue light bertambah. Menurut Loretta Ciraldo, dermatologis sekaligus pemilik lini skincare eponimnya, bagi kebanyakan orang blue light bisa menyebabkan kemerahan dan hiperpigmentasi lebih dari sinar UV. Ini terjadi karena durasi kita terpapar sinar biru lebih intens dibandingkan dengan sinar matahari.

    Paparan yang terakumulasi terus menerus juga bisa menyebabkan penuaan dini. Untuk melindungi kulit dari efek buruknya, gunakan tabir surya walaupun di dalam ruangan, produk antioksidan, dan yang mampu menangkal radikal bebas juga akan sangat membantu. 




    (Baca Juga: Inilah Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur)


    Berikut beberapa produk yang bisa melindungi kulit dari efek buruk blue light.


    1. Laneige Radian-C Cream 30ml, Rp 450.000


    (Krim ini juga tersedia dalam ukuran 50ml. Foto: Dok. Amorepacific Indonesia)

    Vitamin C merupakan kandungan yang mudah teroksidasi. Namun krim ini menggunakan vitamin C derivatives yang lebih stabil, dipadukan dengan Melasolv™ dan vitamin E. Ketiganya membentuk formula RadianC Superblend paten yang efektif mencerahkan noda gelap, kemerahan, serta meringankan iritasi. Hasilnya, kulit tampak bercahaya secara menyeluruh.


    2. Revlon PhotoReady Candid™ Natural Finish Anti-Pollution Foundation, Rp 145.000


    (Sangat mudah di-blend di wajah. Foto: Dok. Revlon Indonesia)

    Saat menggunakan makeup, kamu juga bisa memberikan ekstra proteksi terhadap blue light dengan foundation ini. Ia sangat lightweight, namun tetap memberikan coverage medium sampai full. Bonusnya, oil-free foundation ini juga dibekali dengan bahan-bahan antioksidan, antipolusi, sekaligus anti-blue light. Dan, pilihan shades-nya sangat banyak, mencapai 31.


    3. Maharis Skincare Sun Defense SPF 50 PA++, Rp 850.000


    (Sunscreen ringan yang aman untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta bebas white cast. Foto: Dok. Maharis Beauty)

    Salah satu sunscreen lokal yang premium dan patut dicoba. Diformulasi secara eksklusif oleh dr. Kevin Maharis dan dr. Ricky Maharis, tabir surya ini dilengkapi dengan tranexamic acid untuk memperbaiki hiperpigmentasi dan warna kulit tidak merata. Infusi kamomilnya juga menenangkan, mengecilkan pori, sekaligus menangkal radikal bebas. Proteksi menyeluruh yang kamu butuhkan. 


    4. Allies of Skin Triple Hyaluronic Antioxidant Hydration Serum, Rp 1.103.000


    (Kamu bisa mendapatkan produk ini di Sephora Indonesia. Foto: Dok. Sephora Indonesia)

    Salah satu dampak photo-aging yang disebabkan oleh paparan blue light terus menerus adalah timbulnya garis halus dan kerutan. Serum ini mengandung tiga jenis molekul asam hialuronat untuk menjaga hidrasi dan kelembapan secara maksimal sampai akhirnya kulit terlatih untuk menahan kelembapan lebih lama. Selain memperbaiki kekenyalan kulit, ia juga melindungi dari radikal bebas dan agresi lingkungan lainnya.


    5. Dior Capture Youth Redness Soother Age-Defying Anti-Redness Soothing Serum, Rp 1.620.000


    (Serum yang patut dicoba untuk pemilik kulit sensitif. Foto: Dok. Dior Beauty)

    Saat kulit mulai memerah dan sensitivitasnya meningkat, serum ini membantu menenangkan dengan kandungan cotton peptide uniknya. Ia juga memiliki pigmen hijau alami untuk mengoreksi kemerahan. Manfaat antioksidannya pun tak tertinggal, berkat ekstrak iris di dalamnya.


    (Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik Tahun Ini)


    6. Alpha H Vitamin E with Macadamia, Rp 567.000


    (Rangkaian skincare Alpha H juga bisa didapatkan di Sephora Indonesia. Foto: Dok. Sephora Indonesia)

    Fungsi antioksidan bisa didapatkan dari kandungan vitamin C dan E. Produk satu ini mengandalkan kemampuan healing dari vitamin E untuk meningkatkan sistem kekebalan alami kulit dan melindungi terhadap bahaya radikal bebas dan paparan sinar UV. Dikombinasikan dengan macadamia, efeknya mirip centella asiatica yang dapat menenangkan dan mempercepat proses penyembuhan alami.